Wabup Meranti Tinjau Proyek Pembangunan Centra Industri IKM Sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Timur

Wabup Meranti Tinjau Proyek Pembangunan Centra Industri IKM Sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Timur

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim dan rombongan Dinas terkait melakukan peninjauan proyek pembangunan Centra Industri IKM Sagu di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, peninjauan proyek pembangunan yang dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Meranti itu dipusatkan dilokasi proyek Desa Sungai Tohor, Selasa (4/12/2018).

Turut mendampingi Kepala Dinas PU Meranti H. Herman, Kabag Humas dan Protokol Hery Saputra SH, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Meranti Rudi SAg MM, Camat Tebing Tinggi Timur H. Sutrisno beserta Jajaran, Bagian Adpem Sekdakab. Meranti dan lainnya.

Seperti diketahui, Proyek Pembangunan IKM Sagu di Desa Sungai Tohor Kec. Tebing Tinggi Timur dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perindag RI dengan Pagu Anggaran sebesar 17.8 Miliar lebih.

Menurut perencanaan dana tersebut akan digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur penunjang Industri IKM Sagu, mulai dari Gedung IKM Produksi, Gedung Sagu Basah, Gedung Sagu Kering, IKM Sagu Kering, Dermaga, Jalan Beton, Ruang Ipal, Ruang Ipak, dan Ruang Genset.

Dan direncanakan juga hingga akhir tahun ini proyek yang diyakini sangat bermanfaat untuk memudahkan produksi Sagu masyarakat hingga pemaketan dapat dituntaskan. Jika sudah berjalan otomatis akan mampu meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dari laporan Pengawas Proyek Muji kepada Wakil Bupati H. Said Hasyim, proses pembangunan telah dilakukan semaksimal mungkin. "Pekerja bekerja siang malam, tiap hari hingga pukul 10 malam," ujarnnya.

Dari proses pengerjaan kejar target tersebut, sejauh ini berdasarkan keterangan Muji tahap pembangunan sudah mencapai 80 persen. Namun diakui waktu yang tersisa hingga akhir tahun sangat mepet, meski begitu para pekerja akan berusaha menuntaskan pembangunan. "Jikapun tidak tuntas paling tidak pembangunan akan mencapai 90 persen," papar Muji.

Menyikpai hal itu, Wakil Bupati Meranti didampingi Kadis PU Meranti H. Herman, Kabag Humas dan Protokol Meranti Heri Saputra, mengucapkan apresiasi atas kinerja pelaksana proyek. Wakil Bupati menilai proses pembangunan yang dilaksanakan sejak bulan 7 lalu itu, sudah cukup baik hanya saja kondisi alam yang cukup berat membuat proses pembangunan sedikit lambat. 

Namun Wakil Bupati tetap berharap, hingga akhir tahun 2018 nanti proses pembangunan Centra IKM Sagu yang terletak di Desa paling ujung Meranti ini dapat dituntaskan, dan segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang pastinya sangat menunggu-nunggu beroperasinya Centra Industri tersebut.

"Ini adalah upaya Pemkab. Meranti membantu masyarakat meningkatkan tarak ekonomi dan kesejahteraan, dengan adanya Centra IKM Sagu ini masyarakat dapat memproduksi langsung Tepung Sagu Basah dan Kering yang dioleh menjadi berbagai turunannya plus Pakaging, semoga bermanfaat," ucap Wakip Bupati.


Berita Lainnya

Index
Galeri