Loading...
EKONOMI

Inilah 10 Negara dengan Utang Tertinggi, Nomor 1 Mencengangkan!

Berbicara soal utang, setiap negara di dunia pasti memiliki utang. Indonesia sendiri juga berutang. Alasan kenapa sebuah negara berutang, tidak lain tidak bukan adalah untuk kemajuan negara tersebut beserta rakyatnya. Percaya atau tidak, negara di dunia pasti memiliki utang, bahkan negara superpower seperti Amerika Serikat juga memiliki utang. Tidak main-main, utang Amerika sangat besar hingga membuatnya menduduki peringkat 1 negara dengan hutang paling tinggi di dunia. Bagaimana dengan negara lainnya?

10. Spanyol - 2,2 Triliun USD

spain

Di urutan 10 dengan total utang mencapai 2,2 triliun USD adalah negara Spanyol. Di tahun 2013, Felipe VI menduduki posisi sebagai raja Spanyol. Saat itu, ayahnya Felipe VI melepaskan tahtanya sebagai raja dan memberikan posisi raja pada anaknya. Utang besar tersebut digunakan untuk membantu pembangunan Negeri Matador tersebut.

Loading...

Spanyol termasuk negara yang memiliki perkembangan ekonomi pesat. Belum lagi ditambah dengan bergabungnya Spanyol dengan banyak organisasi internasional seperti European Union, United NAtions, North Atlantic Treaty Organization, Schengen Area, Organization for Economic Cooperation and Development, World Trade Organization, Council of Europe, Europzone, Organization of Ibero-American States. Di akhir tahun 2017, Spanyol memiliki pendapatan per kapita 48.700 USD dengan GDP 167%

9. Irlandia - 2,3 Triliun USD

ireland

Di dunia, Irlandia terbilang merupakan salah satu negara yang cukup kaya apabila dilihat dari GDP per kapitanya yang mencapai 496.000 USD pada tahun 2017. Meski dianggap sebagai negara yang kaya, Irlandia masih berhutang. Pada tahun 2017, hutang negara Irlandia ditaksir mencapai angka 2,3 triliun USD.

Rentang waktu pada tahun 1995 sampai 2007, inilah masa-masa dimana Irlandia mencapai masa keemasannya. Saking makmurnya, Irlandia sampai mendapatkan julukan Celtic Tiger. Kesuraman mulai muncul pada tahun 2008 akibat global ekonomi mengalami masalah. Di tahun 2015, pemerintah Irlandia berhasil bangkit dari keterpurukan.

8. Italia - 2,5 Triliun USD

italy

Italia, salah satu negara romantis setelah Perancis yang menjadi destinasi wisata favorit para turis. Bagi mereka para pasangan suami istri ataupun kekasih, berlibur ke Italia bukanlah pilihan yang buruk. Begitu populer, tidak ada yang tahu betapa besar nilai hutang yang dimiliki Italia. Hutang Italia mencapai 2,5 triliun USD pada tahun 2017.

Dengan nilai hutang mencapai 2,5 triliun, Italia masih bisa meraih pendapatan per kapita sebesar 42.300 USD. Pendapatan per kapita didapat dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Dengan hutang sebesar itu dan pendapatan per kapita sebesar 42.300 USD, Italia masih mendapatkan rangking 3 sebagai negara dengan GDP 124% di wilayah Eropa.

7. Jepang - 3,5 Triliun USD

japan

Sebagai salah satu negara yang cukup maju teknologinya di Asia, Jepang setiap tahunnya selalu saja tidak pernah sepi wisatawan. Ya, Jepang adalah negara yang memiliki kebudayaan yang amat kaya dan memiliki banyak tempat tujuan wisata. Salah satunya adalah Universal Studio Japan yang berada di Osaka.

Di dunia, orang Jepang dikenal sebagai orang yang tekun dalam bekerja dan memiliki kemampuan yang tinggi. Dengan sumber daya manusia yang begitu melimpah, perekonomian di Jepang bisa dibilang sangat maju. Total pendapatan per kapitanya mencapai 28.200 USD dan persen GDPnya sebesar 124%. Negara yang sudah sangat maju teknologinya itu, masih memiliki hutang sebesar 3,5 triliun USD.

6. Luxembourg - 3,7 Triliun USD

Luxembourg

Luxembuorg, dikenal sebagai salah satu negara yang industrinya sangat maju. Pencapaian luar biasa dari Luxembuorg dicapai di awal abad ke-20. Besi adalah salah satu bahan industri yang dimana Luxembourg adalah produsen besi terbesar di dunia. Dan markasnya terletak di Arcelor Mittal.

Pemerintah Luxembourg, bersama dengan University of Luxembourg, mengutamakan fokusnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berdasarkan ekonomi. Mereka bekerja sama untuk terlibat dalam ekspedisi robotik bulan yang diperkirakan akan jalan di tahun 2020. Nampaknya hutang sebesar 3,7 triliun USD ada hasil yang nyata.

5. Belanda - 4,5 Triliun USD

netherlands

Tinggal di Belanda itu sangat menyenangkan. Selain negaranya yang minim angka kriminalitas, segi pendidikan, kesehatan, serta kehidupan, semua dijamin oleh pemerintah Belanda. Padahal bila dilihat dari luasnya, Indonesia jauh lebih besar dari Belanda. Tapi tingkat kesejahteraan masyarakatnya lebih maju disana.

Hidup sangat terjamin, tidak heran jika penduduk negeri Belanda begitu bahagia. Dari data yang didapatkan pada tahun 2017, pendapatan per kapita Belanda mencapai 264.000 USD. Hutangnya sendiri, Belanda memiliki hutang negara sebesar 4,5 triliun USD. Hutang sebesar itu membuat Belanda menempati posisi 5 negara dengan hutang terbesar di dunia.

4. Jerman - 5,3 Triliun USD

germany

Berdasarkan GDP, Jerman menduduki posisi 4 sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi paling besar di dunia. Negara yang termasuk dalam salah satu negara superpower ini memiliki ekonomi yang sangat kuat. Jerman lah yang menjadi pemimpin di bidang teknologi dan industri, menjadi negara importir terbesar ketiga di dunia.

Standar hidup di Jerman sangatlah tinggi. Negaranya dikelola dengan baik oleh pemerintah. Setiap segi kehidupan, diisi dengan orang-orang berkemampuan tinggi. Sebut saja bidang kesehatan, keamanan, dan pekerjanya benar-benar ahli dalam bidangnya. Di tahun 1957 saja, Jerman termasuk sebagai member pendiri dari European Economic Community, kemudian membantu Europian Union di tahun 1993.

3. Perancis - 5,6 Triliun USD

france

Saat membahas Italia, TahuPedia sempat menyebutkan bahwa Perancis adalah negara tujuan wisata bagi mereka yang ingin mencari suasana romantis. Salah satu objek wisata yang terkenal di Perancis adalah Menara Eiffel yang berada di kota Paris. Negara yang sebegitu indah ini, masih memiliki hutang yang besar?

Perancis yang bahkan terkenal dengan seni dan filosofinya pun tak lolos dari jerat hutang. Negara di Eropa urutan ketiga yang memiliki budaya yang banyak menurut UNESCO ternyata memiliki hutang yang mencapai angka 5,6 triliun USD. Meski hutangnya besar, Perancis termasuk negara yang berkembang, mengingat GDPnya yang 213% dengan pendapatan per kapita 87.200 USD.

2. Inggris - 8,4 Triliun USD

united kingdom

Tepat pada tanggal 29 Maret 2017, terjadi sebuah kejadian yang sangat mengejutkan. Inggris secara resmi menyatakan keluar dari Uni Eropa. Momen tersebut dikenal dengan sebutan Brexit. Tak hanya Inggris, negara yang tergabung dalam Britania Raya yakni Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales juga turut keluar dari Uni Eropa.

Di dunia, Inggris termasuk dalam salah satu negara  dengan ekonomi paling maju bila dilihat dari angka GDPnya yang mencapai 313%. Meski sudah keluar dari Uni Eropa dan memiliki hutang mencapai 8,4 triliun USD, Inggris tetaplah negara yang kuat, baik dari segi militer, ekonomi, kultur, politik, dan ilmiah.

1. Amerika Serikat - 22,2 Triliun USD

united state

Dan, negara dengan hutang paling besar di dunia ternyata adalah Amerika Serikat. Ini jelas mengejutkan banyak orang. Apalagi mengingat Amerika Serikat adalah negara maju yang dijuluki sebagai negara adikuasa. Hutang yang membelit Amerika Serikat tidaklah main-main, mencapai 22,2 triliun USD.

Namun, hutang sebesar itu nampaknya tidak membuat pemerintah Amerika pusing. Dengan GDP 94% dan pendapatan per kapita 58.200 USD, Amerika masih dianggap sebagai negara yang maju. Sebagian besar hutangnya digunakan untuk memperkuat sektor militer dan juga pengembangan di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video