Kalau Mengalami 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur di Pagi Hari, Berarti Tubuh Kamu Sehat

Kalau Mengalami 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur di Pagi Hari, Berarti Tubuh Kamu Sehat

Biasanya apa saja yang terjadi tepat setelah bangun tidur?  Mulas, buang angin, napas tidak sedap, sering kali terjadi di pagi hari. Saya sendiri selalu merasa mulas sesaat setelah bangun tidur. Ternyata hal jorok yang biasanya terjadi di pagi hari menunjukkan bahwa tubuh dalam kondisi sehat.

Dikutip dari Bustle, selama 30 menit pertama ketika Anda terbangun di pagi hari, saat itu menjadi waktu bagi tubuh untuk menyalakan ulang mesin-mesin tubuh yang bekerja. Suhu tubuh dan tekanan darah akan naik, sehingga bahan kimia dan neuron di otak Anda menyesuaikan dengan perubahan.

Saat tubuh melakukan pemanasan tersebut, biasanya ditandai dengan beberapa menit atau jam setelah Anda terbangun, sering membuat Anda mules, kentut, atau aroma mulut yang kurang sedap. Tenang saja, hal itu adalah sesuatu yang normal bahkan menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang sehat.

Anda mungkin akan merasa yang terjadi di pagi hari itu jorok, padahal justru membawa kabar baik. Berikut ini lima hal jorok terjadi di pagi hari yang menunjukan bahwa Anda sehat.

1. Kerak Mata

Kerak mata atau yang lebih dikenal belek yang menumpuk di mata jika Anda tidur malam dengan nyenyak. Kerak mata dihasilkan saat mata melakukan perlindungan untuk mengeluarkan kotoran atau sisa-sisa partikel yang berpotensi membahayakan mata Anda selama tidur. Kalau saat terjaga biasanya mata akan berkedip untuk  melindungi mata, kebalikannya saat Anda terlelap mata akan mengeluarkan belek. Kalau pagi hari mata belekan tandanya mata Anda bekerja dengan baik.

2. Ukuran kotoran lebih besar

Kalau di pagi hari Anda menemukan poop berukuran besar jangan khawatir, ya. Menurut ahli, ukuran poop yang besar tersebut menunjukkan bahwa gerakan usus bekerja dengan baik. Proses metabolisme pada tubuh berjalan lancar dan sehat.

3. Urine berwarna gelap

Ketika siang hari jika urin berwarna gelap menunjukan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Jika terjadi di pagi hari, hal itu menunjukkan bahwa tubuh bekerja semestinya. Tubuh Anda melepaskan hormon ketika tertidur dan membiarkan ginjal untuk beristirahat. Walau tidak berbahaya, jangan lupa untuk minum lebih banyak air setelahnya agar terhindar dari dehidrasi.

4. Kentut

Buang gas di pagi hari berarti saluran pencernaan di kondisi yang sehat dan juga menunjukan bahwa, Anda sudah cukup mengonsumsi buah dan sayuran.

5. Berdahak

Sama seperti kentut, bersendawa di pagi hari adalah tanda bahwa sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Karena pada malam hari perut bekerja untuk mencerna makanan di perut yang menyebabkan gas menumpuk. Jadi, ketika Anda terbangun di pagi hari dan bersendawa tandanya tubuh sedang membuang gas yang menumpuk, menunjukan tubuh Anda sehat.


Berita Lainnya

Index
Galeri