Menurut Sains, Inilah 10 Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Menurut Sains, Inilah 10 Cara Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Beberapa orang mungkin tidak tahu rasanya insomnia. Kondisi susah tidur ini sangat mengganggu dan bisa menyebabkan produktivitas menurun. Beberapa orang yang mengalami gangguan sehingga mereka kerap membutuhkan tips tidur nyenyak berkualitas.

Tips tidur nyenyak sesuai dengan sains

Seperti apapun kondisi tidur Anda saat ini, entah cepat tidur atau sering insomnia hingga tidur lewat tengah malam, maka harus segera diatasi. Kalau Anda ingin memiliki tidur yang nyenyak dan kualitas kerja dan kehidupan meningkat, simak beberapa tips tidur nyenyak berkualitas berikut ini:

1. Mengurangi paparan cahaya biru saat malam

Tahukah Anda kenapa saat malam hari rasa kantuk kerap hilang kalau melihat layar ponsel atau laptop? Hal ini terjadi karena cahaya biru yang dominan menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh. Kalau Anda ingin mengurangi paparan cahaya biru, berhenti menggunakan ponsel untuk sementara waktu bisa jadi tips tidur nyenyak berkualitas yang ampuh.

2. Hindari konsumsi kafein

Hindari mengonsumsi kopi setiap harinya khususnya kalau hari sudah beranjak gelap. Efek kopi yang menyebabkan semangat akan membuat kantuk hilang dan Anda susah tidur dengan cepat dan berkualitas.

3. Berjemur saat pagi hari

Berjemur pada pagi hari dan mendapatkan sinar matahari selama 10-15 menit ternyata baik untuk tubuh. Selain itu meningkatkan vitamin D, peluang terjadi gangguan siklus tidur akan kecil. Sempatkan berjemur pada pagi hari sebelum pukul 09,00.

4. Hindari terlalu banyak tidur siang

Kalau Anda terbiasa tidur siang, coba hindari atau buat durasinya lebih singkat. Kalau biasanya tidur selama 30 menit, buat jadi lebih sebentar yaitu sekitar 15 menit. Ini bisa jadi tips tidur nyenyak berkualitas di malam hari karena tubuh ada di waktu tidur yang sesuai.

5. Biasakan tidur tepat waktu

Biasakan untuk tidur secara tepat waktu dan jangan melanggarnya. Misal Anda terbiasa untuk tidur mulai pukul 22.00 dan bangun pukul 05.00 esok paginya. Lakukan hal ini setiap hari agar volume tidur tetap terjaga dan tidak mengalami gangguan.

6. Menggunakan suplemen tertentu

Gunakan suplemen tertentu yang aman dan sesuai dengan resep dokter. Suplemen itu terdiri dari serbuk ginko biloba, akar valerian, magnesium, dan glycine. Sekali lagi, tips tidur nyenyak berkualitas ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan butuh konsultasi dokter.

7. Hindari minuman beralkohol

Bagi beberapa orang, alkohol digunakan untuk menghangatkan tubuh. Namun, konsumsi berlebihan dari minuman ini justru membuat Anda jadi susah tidur. Alkohol bisa menyebabkan kemungkinan terjadi sleep apnea, mengorok, dan gangguan pada jam tidur. Selain itu, alkohol juga memicu produksi melatonin sehingga Anda akan lebih sering terjaga.

8. Memiliki suhu kamar yang tepat

Tidur dengan suhu kamar lumayan panas akan membuat Anda tidak nyenyak dan mudah sekali berkeringat. Suhu yang cocok untuk tidur berada pada kisaran suhu 20°C. Kalau Anda memiliki AC di dalam ruangan bisa mengaturnya dengan suhu ini atau lebih atasnya lagi agar tidak terlalu dingin.

Suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan tidur. Sebaliknya kalau suhu turun, kemungkinan besar terjadi kantuk dan kualitasnya meningkat akan cukup tinggi.

9. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur

Mengonsumsi makanan terlalu banyak kandungan gula dan karbohidrat saat malam hari akan menyebabkan tidur terganggu. Pencernaan akan berjalan terhambat sehingga perut jadi begah dan tidak nyaman.

Dilansir laman Doktersehat, tips tidur nyenyak berkualitas yang selanjutnya adalah sdengan memberi jeda sekitar 2 jam sebelum tidur agar pencernaan berjalan lancar baru Anda bisa beristirahat dengan baik.

10. Mandi dan relaksasi sebelum tidur

Setelah lelah bekerja seharian, tubuh juga membutuhkan relaksasi. Lakukan mandi dengan menggunakan air hangat sesegera mungkin. Berdasarkan penelitian, mandi air hangat dan membuat tubuh jadi relaks 90 menit sebelum tidur bisa membuat Anda jadi lebih nyenyak saat tidur dan istirahat jadi berkualitas.


Berita Lainnya

Index
Galeri