Sering Pusing di Pagi Hari? Coba Cegah Pakai 5 Cara Ini

Sering Pusing di Pagi Hari? Coba Cegah Pakai 5 Cara Ini

JAKARTA - Apakah kamu sedang merasa pusing pagi ini? Atau sering merasa pusing tiap pagi? Rasa nyut-nyutan dan kepala seperti tertusuk-tusuk bisa terjadi akibat banyak alasan. Bisa jadi semalam tidurmu tak cukup atau sedang merasa stres.

Pusing bisa terjadi akibat perubahan pada fisiologis tubuh. Di jam-jam pagi yang lebih awal, kadar reduksi nyeri internal pada tubuhmu bisa menurun. Sebagai tambahannya, tubuhmu membuat lebih banyak adrenalin pada waktu-waktu tersebut, yang menyebabkan terjadinya pusing atau migrain.

Agar tidak mengganggu, coba 5 cara ini yuk untuk mencegah pusing datang di pagi hari:

1. Pakai kompres dingin

Saat pusing atau migrain melanda, misalnya ketika kamu bangun tidur, cobalah kompres area kening dengan air dingin atau es. Misal taruhlah es batu dan bungkus dengan handuk atau mandi menggunakan air dingin bisa mengurangi rasa sakitnya.

Jika kamu memilih untuk mengompres keningmu, taruhlah es selama kurang lebih 15 menit, lalu istirahatkan sejenak selama 15 menit. Saat mengompres usahakan untuk rileks, mungkin jika perlu hindari menggunakan telepon genggam terlebih dahulu.

2. Atau kompres hangat

Jika rasa pusing yang kamu rasakan adalah akibat adanya rasa tegang di leher, maka gunakanlah kompres hangat. Bisa handuk yang telah dicelupkan pada air panas. Taruh handuk hangat tersebut atau kompres panas di leher atau di bagian belakang kepalamu.

Bila yang dirasakan adalah pusing akibat sinus, taruh handuk hangat di area yang terasa paling sakit. Atau kamu juga bisa mandi air hangat.

3. Kurangi tekanan di kepala

Pusing bisa terjadi karena kamu sering memberi tekanan pada kepala. Misalnya jika kamu wanita yang kerap menguncir rambut, maka mungkin bisa mempertimbangkan untuk tidak menguncirnya atau jangan terlalu kencang.

Yang lain bisa karena menggunakan topi, headband, kerudung ataupun kacamata renang yang terlalu ketat dan kencang. Hal ini dinamakan pusing akibat kompresi eksternal, di mana dalam sebuah studi telah terbukti hanya dengan mengurangi beberapa tekanan eksternal ini dapat menghilangkan rasa pusing.

4. Kurangi cahaya

Cahaya yang terlalu terang, baik dari lampu ruangan maupun dari layar komputer dan telepon genggam, dapat menyebabkan pusing atau migrain. Jika kamu sering mengalaminya atau rentan pusing usai melihat cahaya terang, tutupi jendela dengan gorden saat siang hari.

Atau bisa menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Pada telepon genggam atau komputer, bisa tambahkan anti-glare screens. Serta gunakan lampu fluoresens yang peka terhadap cahaya.

5. Jangan mengunyah

Ketika merasa pusing, hal utama yang bisa kamu hindari adalah tidak mengunyah. Baik mengunyah permen karet, makanan kering atau lengket, atau bahkan saat kamu menggigiti kuku, bibir, atau bagian dalam pipi.

Jika ingin makan, cobalah memakan dengan porsi kecil. Pusing juga bisa disebabkan kamu yang menggertakkan gigi saat tidur, dan jika sering terjadi bisa pertimbangkan untuk ke dokter gigi dan meminta penanganan lebih lanjut untuk mengurangi hal tersebut.


Berita Lainnya

Index
Galeri