Ayah, Lakukan Ini Sejak Bayi Masih Dalam Kandungan Kalau Mau Punya Anak Cerdas

Ayah, Lakukan Ini Sejak Bayi Masih Dalam Kandungan Kalau Mau Punya Anak Cerdas

Para peneliti menyebutkan bahwa kecerdasan anak sangat bergantung pada kecerdasan ibu. Namun, peran ayah juga penting bagi kecerdasan anak.

Kecerdasan anak bisa diupayakan sedari hamil. Di sinilah peran ayah untuk berbicara dengan janin. Seperti diketahui bayi di kandungan dapat mendengar suara dari luar sejak usia 16 minggu.

Jika Ayah rajin mengajaknya berbicara, maka ia akan mengenali suara ayahnya sejak sebelum lahir. Faktanya, janin lebih cepat menangkap suara bass atau yang bernada rendah, yang dimiliki Ayah dibandingkan suara Ibu yang lebih tinggi.

Berikut beberapa cara berbicara dengan bayi di kandungan agar ia cerdas, yang disampaikan Dr. Miriam Stoppard, dalam bukunya, “Conception Pregnancy and Birth:

1. Usap dengan lembut perut Mama dan rasakan bayi di dalam bergerak.

2. Bicara dan bergumamlah pelan kepada janin, serta cium dan sundul ia melalui perut Mama.

3. Agar suara Ayah lebih jelas, gunakan corong suara dari kartas tebal ukuran A4 yang digulung. Sentuhkan corongnya ke perut Ibu, lalu Ayah bicaralah dengan janin melalui corong suara ini.

4. Janin bisa diajak bicara tentang apa pun yang positif. Bicara tentang kehamilan itu sendiri juga baik. Obrolan tentang kehamilan bisa menghangatkan hubungan suami istri.


Berita Lainnya

Index
Galeri