Sering Merasa Ngantuk di Pagi Atau Siang Hari? Coba Perhatikan 9 Hal Ini

Sering Merasa Ngantuk di Pagi Atau Siang Hari? Coba Perhatikan 9 Hal Ini

Tidur merupakan salah satu kebutuhan hidup kita. Kebanyakan orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam sehari. Jika cukup tidur, tubuh kita pun akan menjadi sehat, perkembangan dan pertumbuhan tubuh terjaga, sistem kekebalan tubuh jadi meningkat, dan suasana hati terjaga. Namun, jika Anda sering merasa ngantuk di pagi atau siang hari bisa jadi ini penyebabnya.

1. Kurang tidur

Salah satu penyebab ngantuk di pagi hari yang paling umum adalah karena kurang tidur. Suka begadang di malam hari berarti waktu tidur berkurang, Anda pun bisa merasa ngantuk dan kelelahan sepanjang hari.

2. Siklus bangun-tidur

Dalam 24 jam, ada dua periode ketika tubuh akan merasa mengantuk secara alami, yaitu larut malam (umumnya antara tengah malam hingga 7 pagi) dan tengah hari (umumnya 13.00-16.00). Jika Anda terjaga (tidak tidur) selama jam-jam tersebut, risiko untuk merasakan kantuk akan naik, apalagi jika waktu tidur Anda tidak cukup.

3. Dehidrasi

Penyebab ngantuk di pagi hari bisa jadi karena tubuh Anda dehidrasi, alias kurang banyak minum air. Air memastikan semua sistem dalam tubuh kita berjalan dengan lancar, berguna untuk membuang racun keluar, membuat tubuh terhidrasi, dan menjaga tingkat energi kita.

4. Minum obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari, misalnya obat tekanan darah tinggi, obat jantung, dan obat asma.

5. Kafein

Kafein dalam kopi, teh, minuman ringan, atau obat-obatan bisa membuat kita sulit mengantuk dan bahkan mengganggu tidur. Kafein mengendap di dalam tubuh sekitar 3 sampai 7 jam, so, jika Anda minum kopi sampai susah tidur di malam hari, Anda pasti juga akan merasa tidur anda tidak nyenyak. Jika Anda merasa mengantuk dan masih harus bekerja, pilihlah kopi tanpa kafein agar tidak mengganggu siklus tidur alami Anda.

6. Alkohol

Minum beralkohol dapat menyebabkan gangguan tidur di malam hari hingga menimbulkan masalah ngantuk di pagi atau siang hari. Minum minuman beralkohol, walau dalam jumlah sedikit sepanjang hari, juga bisa membuat kita jadi mengantuk. Jika sudah mengantuk, risiko kecelakaan dan masalah kinerja di tempat kerja pun akan meningkat.

7. Gangguan tidur

Penyebab ngantuk di pagi hari bisa jadi karena Anda menderita gangguan tidur, misalnya insomnia, sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur), narkolepsi (kantuk berlebihan di siang hari walaupun sudah cukup tidur di malam hari), atau sindrom kaki gelisah (sensasi tidak menyenangkan di kaki saat tidur). Gangguan tidur ini tidak hanya mengurangi waktu tidur Anda tetapi juga dapat mengganggu kualitas tidur.

8. Menderita penyakit

Beberapa penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari dan membuat kita merasa lelah atau lemas seharian, contohnya anemia (tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke organ dan jaringan tubuh), penyakit coeliac (tubuh menolak makanan yang mengandung gluten), sindrom kelelahan kronis, kelenjar tiroid kurang aktif atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh, diabetes, demam kelenjar, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya.

9. Stres atau depresi

Stres atau depresi juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Stres dan depresi dapat menguras energi, fisik, dan emosi serta memengaruhi kehidupan sehari-hari kita.

Jika mata Anda sering kali terasa berat walaupun sudah banyak tidur, disarankan untuk mengunjungi dokter. Karena penyebab ngantuk di pagi hari yang Anda rasakan bisa jadi karena hal yang lebih serius.


Berita Lainnya

Index
Galeri