Jangan Terlalu Lama Duduk Jika Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Jangan Terlalu Lama Duduk Jika Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Bila selama ini di kantor Anda sudah duduk terlalu lama, maka Anda harus mengubah kebiasaan ini! Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, terlalu lama duduk bisa membuat metabolisme melambat; juga meningkatkan risiko kolesterol tinggi, obesitas dan gangguan otot tulang belakang.

“Sebuah penelitian membandingkan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari dua jam sehari untuk duduk di depan televisi dan orang dewasa yang aktif bergerak. Orang yang duduk memiliki peningkatan risiko sebanyak 50 persen untuk mengalami kematian akibat berbagai penyebab,” kata dr. Alvin.

Lebih lanjut, dr. Alvin menjelaskan bahwa terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah sebesar 125 persen. Tak hanya itu, terlalu lama duduk juga dapat memengaruhi postur tubuh termasuk bokong.

“Jika Anda terlalu lama duduk, bentuk bokong juga dapat mengalami perubahan. Tonus otot dapat berkurang dan membuat bentuk bokong menjadi tidak berisi,” ungkap dr. Alvin.

Jadi, guna mencegah terjadinya berbagai dampak buruk tersebut, Anda dianjurkan untuk tidak terlalu lama duduk. Sebagai gantinya, Anda harus mulai banyak bergerak.

Dalam hal ini, Anda tak melulu harus melakukan gerakan seperti sedang berolahraga. Anda hanya perlu melakukan gerakan biasa, seperti naik turun tangga atau berjalan kaki dari parkiran ke kantor.


Berita Lainnya

Index
Galeri