Oktober Mendatang Pabrik Kertas Ini Bakal Beroperasi

Oktober Mendatang Pabrik Kertas Ini Bakal Beroperasi
Pabrik pulp dan kertas PT OKI Pulp & Paper Mills - unit usaha milik anak usaha group Sinar Mas, PT A
OGAN ILIR - Oktober mendatang, PT OKI Pulp and Paper, unit usaha Asia Pulp and Paper (APP) milik grup Sinar Mas akan mengoperasikan satu pabrik baru di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.
 
"Rencana awalnya pabrik bisa mulai beroperasi mulai Juni 2016, tapi itu memang merupakan target agresif yang kami canangkan,” tutur Direktur APP – Sinar Mas Suhendra Wiriadinata saat mengunjungi pabrik Oki Pulp and Paper di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (1/3/2016) seperti dilansir cnnindonesia.com.
 
Menurut Suhendra, mundurnya jadwal operasional pabrik disebabkan oleh kondisi cuaca yang kurang mendukung. 
 
Kendati demikian, perseroan menganggap mundurnya jadwal operasional masih dalam batas waktu normal. Pasalnya manajemen ingin menjamin bahwa setelah konstruksi pabrik selesai dibangun, kegiatan produksi bisa berjalan lancar.
 
Suhendra mengungkapkan pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 2 juta ton bubur kertas (pulp) dengan porsi ekspor 80 persen dan 500 ribu ton kertas tissue dengan porsi ekspor 95 persen.
 
“OKI Pulp and Paper berpotensi menyumbang devisa negara sebesar US$1,5 miliar per tahun,” ujarnya.
 
Dengan nilai ekspor tersebut, lanjut Suhendra, OKI Pulp and Paper akan meningkatkan ekspor Sumatera Selatan (Sumsel) sebesar 32 persen dan pertumbuhan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumsel sebesar 11 persen, disamping itu mendukung program hilirisasi yang diprogramkan Pemerintah.
 
Pada tahap awal, pabrik bernilai investasi hampir Rp40 triliun ini akan memproduksi bubur kertas (pulp) sembari melanjutkan pembangunan konstruksi pabrik hilirisasi untuk memproduksi kertas tisu.
 
“Kalau perizinan selesai, pabrik kertas tisu mulai beroperasi dalam satu setengah hingga dua tahun lagi,” ujar Suhendra. (das/cnn)


Berita Lainnya

Index
Galeri