Punya 5 Smartphone Ini? Siap-siap Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Februari 2020

Punya 5 Smartphone Ini? Siap-siap Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Februari 2020

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp akan menghentikan layanan untuk iOS 7 dan Android Gingerbread ke bawah mulai 1 Februari 2020. Hal itu dikarenakan smartphone yang menjalankan sistem operasi ketinggalan zaman tersebut tidak dapat mereplikasi fitur-fitur baru WhatsApp.

Solusinya, jika tidak mengganti smartphone, pengguna bisa menggunakan alternatif aplikasi pesan lain. "Kami ingin memfokuskan upaya kami pada platform seluler yang digunakan oleh sebagian besar pengguna," ujar pihak WhatsApp.

Apa saja smartphone yang tidak akan bisa lagi pakai WhatsApp pada 2020? Berikut daftarnya:

1. Samsung Galaxy S II

Samsung Galaxy S2: Sangat ringan, tipis dan cepat. Dengan spesifikasi dual core 1.2 ghz, 1 GB ram, OS version android 2.3.4, ukuran layar 4,3 inci, kamera 8 MP dengan resolusi 3264x2448 piksel. Galaxy S2 adalah ponsel android pertama yang menggunakan dual core di tahun 2011. Heavenrider.com

Samsung Galaxy S II mulai dipasarkan di Indonesia pada Juli 2011. Ponsel pintar tersebut menjalankan sistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread dan layar Super AMOLED Plus seluas 4,3 inci.

Layar tersebut lebih hemat 18 persen dalam mengkonsumsi daya baterai dan memiliki rasio kontras 120 kali lebih terang ketimbang layar LCD biasa. Selain itu, Samsung membenamkan dua kamera yang menghadap ke belakang dan depan dengan resolusi masing-masing 8 dan 2 megapiksel.

Galaxy S II merupakan ponsel yang tipis, yakni 8,49 milimeter dan bobot 116 gram dan menggunakan satu mainboard untuk menempatkan CPU-nya. Perangkat juga sudah terkoneksi dengan Bluetooth, Wi-Fi Direct, NFC dengan daya baterai 1650 mAh.

2. Sony Xperia S

Sony Xperia S merupakan ponsel berlayar 4,3 inci ini telah dilengkapi dengan kamera 12 megapiksel dengan sensor kamera Sony Exmor R. Seri ini memiliki desain ikonik, yaitu bentuk yang bersudut cukup lancip dan adanya elemen transparan yang berada pada bagian bawah layar, sebagai tombol back home. Smartphone dipersenjatai prosesor dual core 1,5 GHz. Dan memiliki kapasitas memori internal 32 gigabita, Serta dapat menjalankan OS Android Gingerbread.

Ponsel juga dilengkapi beberapa fitur seperti teknologi Near Field Communication (NFC), dan Bravia Sync, yang dapat terintegrasi dengan TV, tablet Sony, serta PlayStation. Sony Xperia S hadir di Indonesia pada 2012.

3. Samsung Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus merupakan smartphone pertama yang menjalankan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Ponsel pintar yang meluncur tahun 2011 ini memiliki layar SUPER AMOLED HD 4,65 inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel.

Dipersenjatai dengan prosesor dual-core berkecepatan 1,2 GHz, Galaxy Nexus dibekali RAM 1 gigabita dan memori penyimpanan 32 gigabita. Sensor kamera utama 5 megapiksel, sementara kamera untuk fungsi video chatting 1,3 megapiksel. Dari tampilan luarnya, ponsel terlihat ramping dengan ketebalan 8,9 milimeter dan berlekuk. Ponsel ini juga diklaim mampu berjalan di jaringan Long Term Evolution (LTE).

4. HTC One X

HTC One X: Semua orang akan tergoda untuk menggunakan telepon dengan spesifikasi Quad Core 1.5 GHZ, 1GB CPU dengan berbagai macam fitur menarik. OS Android Versi Android 4.0 seberat 130 gram, dengan dimensi 134,4 x 69,9 x 8,9 mm, dan dengan ukuran layar 4,7 inci. Ponsel ini dirilis pada bulan Mei 2012. Phandroid.com.

HTC One X dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel, kamera diperkuat dengan teknologi yang diklaim mampu berada dalam kondisi siap menangkap gambar dalam waktu 0,7 detik. Smartphone tersebut memiliki bentang layar 4,7 inci. Dan fitur unggulan lain dalam kamera adalah kemampuan continuous shot yang dapat dilakukan sebanyak empat kali per detik hingga 99 kali jepret.

Ponsel menjalankan sistem OS Android 4.0 dan telah dipersenjatai prosesor quad-core 1,5 GHz untuk HTC X. Memori RAM yang dimiliki HTC X sebesar 1 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB dan biisa diperluas dengan microSD hingga 32 GB.

5. LG Optimus Hub E510

LG Optimus Hub E510 tampil dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci, resolusi 320 x 480 piksel dan prosesor ARM v6 berkecepatan 800 MHz. Dan menjalankan sisterm operasi Android Gingerbread.

Kamera pada ponsel ini beresolusi 5 megapiksel dan dilengkapi beberapa fitur, seperti autofocus, geo-tagging, digital zoom dan face and smile detection. Untuk konektifitas, LG Optimus Hub E510 memiliki Wi-Fi Cast yang membuat sesama pengguna LG Optimus Hub dapat berbagai gambar, musik dan video.

WhatsApp telah memperingatkan bahwa aplikasi dapat berhenti bekerja kapan saja mulai dari sekarang hingga batas akhir pada awal 2020. Aplikasi pesan tersebut secara berkala menghentikan layanan untuk sistem operasi yang lebih lama.


Berita Lainnya

Index
Galeri