Sebenarnya, Seberapa Sering Sih Buang Air Kecil yang Disebut Normal dalam Sehari?

Sebenarnya, Seberapa Sering Sih Buang Air Kecil yang Disebut Normal dalam Sehari?

JAKARTA -  Rata-rata orang buang air kecil  enam hingga delapan kali dalam sehari dan ini adalah normal, menurut ahli gastroenterologi asal New York, Roshini Rajapaksa, MD. Namun, mereka yang buang air kecil empat hingga 10 kali juga bisa dibilang normal, seperti dilansir Health, belum lama ini. 

Rajapaksa mengatakan, seberapa sering seseorang buang air kecil ditentukan oleh banyak faktor, termasuk usia, ukuran kandung kemih, jumlah cairan yang Anda minum, dan seberapa banyak alkohol dan kafein yang Anda konsumsi.

Tiba-tiba ke toilet bahkan di tengah malam, bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kandung kemih terlalu aktif. Ini berarti otot-otot di dinding kandung kemih spasming (segera ingin buang air) bahkan ketika volume urin di kandung kemih sedikit.

Namun, bila ada gejala seperti terbakar, kemungkinan karena infeksi. Rasa tidak nyaman yang hilang usai Anda buang air kecil mungkin menunjukkan interstitial cystitis (sindrom kandung kemih yang menyakitkan).

Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui dan belum ada obat yang berhasil untuk mengobatinya. Dokter dapat merekomendasikan berbagai perawatan (termasuk terapi fisik dasar panggul) sampai Anda menemukan pendekatan yang cocok.


Berita Lainnya

Index
Galeri