Jangan Terlalu Banyak, Makan Avokad Ada Batasannya!

Jangan Terlalu Banyak, Makan Avokad Ada Batasannya!

Avokad dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling sehat untuk kita konsumsi. Selain kaya akan nutrisi menyegarkan, avokad yang mengenyangkan juga memiliki rasa yang unik, yakni manis dan gurih. Hal ini disebabkan oleh adanya lemak sehat dan serat di dalamnya. Keberadaan kandungan inilah yang bisa membantu kita menurunkan kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh.

Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita makan avokad dalam jumlah yang banyak setiap hari? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa apapun yang dikonsumsi dengan berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Meskipun kaya akan kandungan lemak sehat yang jauh lebih baik daripada lemak hewani, tetap saja ada baiknya kita membatasi asupan avokad.

“Bagi orang-orang dengan kondisi penyakit jantung, avokad bahkan sebaiknya tidak mereka konsumsi sama sekali,” ungkap dr. Andrew Freeman dari National Jewish Health, Denver, Colorado, Amerika Serikat.

Avokad memang bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Kandungan lemak sehatnya mampu membantu proses penyerapan vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K dari berbagai macam makanan. Sebagai contoh, jika kita makan wortel yang kaya akan keratin, maka kandungan di dalam avokad akan membantu tubuh menyerap keratin ini dengan efektif.

Lantas, mengapa kita sebaiknya membatasi asupan avokad? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh kandungan kalori di dalamnya yang cukup tinggi. Di dalam satu buah avokad terdapat 322 kalori, 13 gram lemak, serta 29 gram lemak. Hal ini berarti, dengan standar asupan kalori harian yang mencapai 1.200 kalori, makan satu buah avokad sudah memenuhi setidaknya seperempat kebutuhan kalori harian. Jika kita menambahkan susu kental manis atau gula saat makan avokad, maka kadar kalorinya jelas akan jauh lebih tinggi.

Pakar kesehatan Tammy Lakatos-Shames dari Nutrition Twins menyebutkan bahwa ada baiknya kita membatasi asupan avokad sekitar seperlima dari satu buah avokad dalam sekali makan. Jumlah ini sudah memberikan sekitar 50 kalori, 3 gram serat, dan 6 gram lemak. Jumlahnya memang terlihat tidak banyak, namun sebenarnya kita sudah mendapatkan cukup banyak manfaat kesehatan dari buah yang memiliki rasa creamy ini.


Berita Lainnya

Index
Galeri