Kubu Jokowi Akui DP 0 Persen Adopsi Program Anies-Sandi

Kubu Jokowi Akui DP 0 Persen Adopsi Program Anies-Sandi

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menyediakan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) 0 persen bagi Aparatur Sipil Negara, Pegawai Negeri Sipil, Polri, dan anggota Tentara Nasional Indonesia. DP 0 persen ini dianggap meniru program yang ditawarkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta lalu.

"Kalau soal dianggap meniru, maka apa salahnya jika sebuah konsep atau kebijakan baik yang ada di luar negeri atau dalam negeri kemudian diadopsi," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Arsul Sani, di Posko Cemara, Jakarta, Jumat 9 November 2018.

Sekjen PPP ini menambahkan, selama ini Jokowi juga tidak pernah menganggap program DP 0 persen yang sempat menjadi program kampanye Anies-Sandi, sebagai program yang buruk. "Pak Jokowi kan tidak pernah menganggap bahwa kebijakan DP 0 persen untuk rumah tersebut sebagai sesuatu yang tidak baik atau mustahil. Jadi kalau kemudian memang applicable, why not kemudian diadopsi," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, merasa bersyukur dengan rencana pemerintah menyediakan rumah down payment 0 persen bagi Aparatur Sipil Negara, Pegawai Negeri Sipil, Polri dan anggota Tentara Nasional Indonesia.

"Alhamdulillah, artinya itu membuktikan pendekatan yang memang bisa dilakukan. Dulu kan banyak kritik bahwa ini tidak mungkin ada DP 0, nah ini nyatanya mungkin," ujar Anies Baswedan di Jakarta Pusat, Jumat, 9 November 2018.

Menurut dia, salah satu yang memberatkan orang ingin memiliki rumah adalah membayar DP, karena selama ini mereka bekerja belum tentu sanggup untuk menabung, untuk bisa punya DP. "Jadi pembebasan DP itu merupakan terobosan yang bisa bermanfaat bagi semua," katanya.


Berita Lainnya

Index
Galeri