Abdul Wahid: Dari Awal Sudah Saya Sampaikan, Jembatan Siak IV Tak Akan Selesai Akhir Tahun Ini

Abdul Wahid: Dari Awal Sudah Saya Sampaikan, Jembatan Siak IV Tak Akan Selesai Akhir Tahun Ini

PEKANBARU - Abdul Wahid, anggota Komisi IV DPRD Riau merasa tidak heran dengan sikap pesimis Kadis PUPR Riau yang menyatakan, kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV tidak akan selesai di akhir tahun ini.

"Saya tidak heran, saya orang yang pertama di Komisi IV yang tidak yakin Jembatan Siak IV selesai akhir tahun ini, bisa dicek dinotulen rapat kami. Bisa saja bakal jadi proyek mangkrak Siak IV ini," kata Abdul Wahid kepada wartawan, Rabu (7/11/1018).

Namun pada waktu rapat di komisi sambungnya, Kadis PUPR tetap yakin jembatan tersebut selesai akhir tahun. Saat itu, ia pun menghargai apa yang disampaikan Kadis PUPR. "Saya ini, mesti bukan ahli tapi berpengalaman juga dalam hal bangun membangun, saya paham. Saat hearing mereka tetap yakinkan kita waktu itu, kita hargai mereka," tegasnya.

Sikap pesimis dirinya bukan tanpa alasan. Ketua DPW PKB Riau ini menyebut, molornya waktu awal pengerjaan menjadi alasan penyebabnya. "Coba dikerjakan awal tahun, saya yakin bisa selesai. Ini tidak, mendekati pertengahan tahun baru dilaksanakan, makanya seperti itu jadinya," ujar politisi Inhil ini.

Jika benar adanya (tidak selesai akhir tahun), maka kontraktor pelaksana wajib diberikan sanksi atau denda. Bisa saja berupa jaminan pelaksananya ditahan. "Kalau soal penambahan anggaran di 2019, jelas tidak akan kita anggarkan selagi belum ada hasil audit BPK atau BPKP. Ini kan proyek multiyears," tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto ragukan penyelesaian Jembatan Siak IV rampung 100 persen sebelum akhir tahun ini. 

Dadang memprediksi, kondisi akhir tahun tersebut belum bisa dilalui, meski bentang jembatan utama sudah terpasang. "Siak IV agak terlambat kayaknya. Sepertinya lewat akhir tahun," kata Dadang, Senin (5/11/18). 

Mantan pejabat Pemko Pekanbaru ini tidak merincikan alasan perkiraan molornya pengerjaan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru tersebut. Namun Dadang membenarkan tingginya intensitas hujan dalam satu bulan terakhir ini menjadi salah satu penyebab.


Berita Lainnya

Index
Galeri