Upaya Membumikan Al-Quran, Pemkab Inhil Bangun Rumah Tahfidz

Upaya Membumikan Al-Quran, Pemkab Inhil Bangun Rumah Tahfidz

TEMBILAHAN - Pembangunan Rumah Tahsin dan Tahfidz Kota Tembilahan merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, membumikan Al-Quran bagi generasi muda, kata pejabat setempat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir M Arifin, Rabu di Tembilahan, mengatakan, usai peresmian oleh Bupati Muhammad Wardan, Rumah Tahsin dan Tahfidz Tembilahan yang berlokasi di lingkungan Masjid Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) itu pun aktif. "Pemerintah kabupaten hanya membantu membangunkan gedungnya. Pengelolaan itu dilakukan oleh masyarakat," katanya.

Selain pengelolaan, kata Arifin, pembiayaan operasional kegiatan tahsin dan tahfidz juga dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. "Jadi, aktivitas di gedung tersebut tidak begitu membebani pemerintah daerah dari segi anggaran. Masyarakat yang berpartisipasi dalam pembiayaan, seperti wali santri," jelas Arifin.

Arifin menegaskan gedung tahsin dan tahfidz tersebut dapat digunakan oleh masyarakat umum. Dia mengimbau agar masyarakat, khususnya masyarakat Tembilahan agar dapat membawa anak-anak mereka belajar di sana.

"Tenaga pengajar sudah ada. Anak-anak dapat belajar Al-Quran secara intensif. Selama ini mungkin mencari guru mengaji susah. Maka, anak kita dapat mengaji di sana," katanya. Sampai saat ini, kegiatan tahsin dan tahfidz Al Quran rutin dilaksanakan setiap harinya.


Berita Lainnya

Index
Galeri