Mulai Sekarang, Jangan Langsung Minum Saat Tersedak, Ini Bahayanya

Mulai Sekarang, Jangan Langsung Minum Saat Tersedak, Ini Bahayanya

Banyak hal salah kaprah yang masih diyakini masyarakat. Salah satunya mengenai tersedak atau keselek. Orang-orang mungkin percaya saat keselek, solusi yang bisa diberikan adalah dengan meminum air putih secukupnya.

Namun, hal itu tidak disarankan oleh ahli medis. Seperti yang dijelaskan Dokter Umum RSUD Cempaka Putih dr Muhammad Faizal Riza Sumantri. "Ketika tersedak, jangan kemudian dikasih minum atau Anda minum. Sebab, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi; benar-benar bisa mengatasi atau malah memperparah keadaan," kata dr Riza.

dr Riza menjelaskan, minum jadi solusi yang buruk dan membahayakan ketika Anda tersedak. Perlu diketahui sebelumnya, tersedak itu adalah kondisi di mana ada zat atau sesuatu benda asing yang menghambat jalur pernapasan. 

Benda asing ini biasanya masuk melalui mulut, tetapi kemudian terhenti di katup atau perbatasan antara saluran merah ke paru-paru dengan saluran mengarah ke arah lambung.

"Kalau memang kasusnya tersedak di saluran menuju lambung, dengan minum ini akan sangat membantu. Tapi, kalau ternyata tersedak di saluran menuju paru-paru, dengan minum, benda asing ini malah bisa semakin dalam masuk ke paru-paru dan kalau sudah begini, yang bakal terjadi adalah aspirasi," paparnya.

Kalau sampai akhirnya terjadi aspirasi, yang bisa dilakukan hanya dengan membantu si korban mengeluarkan benda tersebut. Salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan heimlich maneuver.

"Selain dengan heimlich manuever, korban juga bisa mengatasi masalah ini dengan batuk jika bendanya memang masih bisa dijangkau dengan batuk. Kondisi ini jangan dibiarkan lebih dari dua menit karena bisa memengaruhi distribusi oksigen ke otak," tutur dr Riza.

Perlu diketahui juga ketika seseorang tersedak, yang bakal terjadi pada tubuhnya antara lain sulit bernapas dengan baik, tidak bisa berbicara dengan benar, tidak bisa batuk, kulit, bibir, atau kuku bisa sampai membiru, bahkan bisa sampai hilang kesadaran.

"Kalau kondisi ini sudah terjadi, ada baiknya Anda langsung meminta pertolongan atau memang dirasa tidak ada yang mampu membantu, pergi ke dokter terdekat bisa jadi pilihan yang tepat," tambahnya.

Ketika Anda tersedak, sebaiknya tetap tenang dan minta bantuan teman atau rekan di dekat Anda untuk melakukan heimlich maneuver untuk mengeluarkan benda tersebut. Jika hanya ada Anda sendiri, kursi bisa menjadi penyangga yang tepat untuk membantu pertolongan.


Berita Lainnya

Index
Galeri