Selalu Bergaya Milenial dan Blusukan, Sandiaga Uno Contek Gaya Jokowi?

Selalu Bergaya Milenial dan Blusukan, Sandiaga Uno Contek Gaya Jokowi?

JAKARTA - Cawapres Sandiaga Uno terus melakukan safari dan kampanye ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dalam kampanye tersebut, Sandi selalu bergaya milenial dan melakukan blusukan.

Diduga gaya yang dilakukan mantan Wagub DKI Jakarta itu dinilai meniru gaya Joko Widodo (Jokowi). Demikian dalam hemat pengamat politik Afriadi Rosdi, Senin (5/11/2018).

Afriadi mengatakan hal tersebut melihat Sandi yang dalam kampanyenya rajin mengunjungi pasar-pasar, mendatangi komunitas emak-emak, usaha kecil dan menengah (UKM), serta anak muda. “Itu adalah keunggulan Jokowi selama ini, dan Sandi sepertinya ingin menapak tilas gaya tersebut,” beber Afriadi.

Ketua Pusat Kajian Literasi Media itu menduga, Sandi meniru gaya Jokowi karena menyadari kampanye tersebut memiliki dampak signifikan. Yakni kontak langsung dengan konstituen akan menjalin hubungan batin, sekaligus bisa mendengar secara langsung keluhan dan aspirasi masyarakat.

Meski demikian, Afriadi menilai strategi menapak tilas itu tidak sepenuhnya berpengaruh kepada Sandi. Baru bisa efektif, jika Sandi menampilkan sesuatu yang asli (genuine) sehingga ada pembeda antara cawapres pendamping Prabowo Subianto itu itu dengan Jokowi.

Menurutnya, keunggulan Sandi yang bisa ditonjolkan ada pada tiga hal. “Yaitu muda, pengusaha sukses, dan peduli UMKM. Semua keunggulan distingtif ini dikapitalisasi untuk merebut simpati emak-emak, pelaku UMKM, dan anak muda,” katanya.

Afriadi memprediksi tiga kelebihan Sandi itu akan mampu merebut simpati masyarakat. Namun, tantangan utamanya terletak pada posisi Sandi sebagai cawapres. “Saya kira ini tantangan berat, karena harus bisa menyakinkan pemilih bahwa faktor Prabowo bukan menjadi penghalang bagi Sandi mewujudkan apa yang dia janjikan kepada pemilih,” tuturnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri