Jokowi Tegaskan Bapak-Ibunya Orang Desa Asli Boyolali, Sindir Prabowo?

Jokowi Tegaskan Bapak-Ibunya Orang Desa Asli Boyolali, Sindir Prabowo?

TANGERANG - Entah sengaja bermaksud menyindir Prabowo Subianto atau tidak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa orangtuanya berasal dari desa di Boyolali, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Konsolidasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Provinsi Banten di Gedung ICE BSD, Serpong, Tangerang, Minggu (4/11/2018).

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu membeberkan bahwa dirinya selalu diserang dengan berbagai macam isu miring. Termasuk soal asal-usul keluarganya yang disebut-sebut adalah keturunan Tiongkok yang berasal dari Singapura.

Ia mengaku, dirinya selama ini memilih diam dan tak menanggapi berbagai isu miring tersebut. Akan tetapi, lama-lama, ia akhirnya harus angkat bicara. “Selama ini, selama 4 tahun saya diam. Tapi kini saya harus jawab. Saya harus ngomong!” tegas Jokowi dihadapan para hadirin.

Dalam isu miring tersebut, disebutkan bahwa orangtua keturunan Tiongkok asal Singapura itu bernama Oey Hoi Liong, “Bapak ibu saya itu orang desa di Boyolali,” bebernya. Untuk itu, ia berharap kedepannya agar tak ada lagi fitnah yang menyerang dirinya, termasuk keluarganya.

Sebaliknya, Jokowi menginginkan agar pesta demokrasi Indonesia harus berasaskan etika dan tata krama yang baik. “Namanya berpolitik itu ya yang harusnya beradat, beretika dan dengan tata krama,” singgungnya.

Untuk diketahui, ibunda Joko Widodo, Sujiatmi diketahui lahir dan besar di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sedangkan Ayahnya, almarhum Notomiharjo menjalani masa muda dan sekolah di desa tersebut bersama kakek dan neneknya.

Bahkan, Joko Widodo sempat mengenyam pendidikan di SDN 112 Tirtoyoso, Boyolali sebelum akhirnya pindah ke Surakarta dan meneruskan pendidikannya di SMPN 1 Surakarta.


Berita Lainnya

Index
Galeri