Jadwal Diatur Sejak Subuh, Jokowi: Dikira Saya Mesin, Saya Juga Manusia

Jadwal Diatur Sejak Subuh, Jokowi: Dikira Saya Mesin, Saya Juga Manusia

TANGERANG - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan masyarakat  pentingnya pola hidup sehat. Hidup sehat itu tidak hanya  urusan makan tapi juga olahraga dan istirahat.

"Saya yang kurang di situ, jadwal sudah diatur. Pagi dari Subuh, termasuk Sabtu dan Minggu. Dipikir saya mesin, saya juga manusia biasa. Tapi  jadwal seperti itu gimana? Saya jalani tanpa beban sekarang," katanya tertawa.

Meski mengaku kurang istirahat, kata Jokowi, olahraga juga penting dilakukan. Makanya dia memilih tinju dan  panahan sebagai olahraga di sela kesibukan kenegaraan.

"Jangan sampai hanya olahraga lewat media sosial, olah raga jari-jari. Ini yang harus kita ingatkan jangan sampai ini menjadi sebuah budaya," kata Jokowi disela membuka Health Summit seminar kota sehat  di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Ahad, 4 November 2018.

Pola hidup sehat, kata Jokowi, diantaranya adalah mengatur  pola makan. “Seperti apa pola makan kita? Waduuh, mau bilang apa,  makan enak semuanya. Kita ajari anak makan enak, bukan makan sehat. Padahal kita diberikan oleh Allah kelimpahan  ikan,  buah, sayur, di mana pun ada. Tapi  yang sering kita makan sampah," ujar Jokowi.

Sampah yang dimaksud Jokowi adalah makanan yang justru dari negara asalnya dianggap sampah. "tapi di sini jadi kegemaran, makanan impor pada seneng semua," kata Jokowi.

Makanya, ujar Jokowi, kepada ibu-ibu harus memberi tahu kepada masyarakat informasi cara hidup sehat dan tidak itu seperti apa. Baik urusan makan, olahraga dan  urusan istirahat.

Presiden Jokowi membuka secara resmi Helath Summit dengan kostum kasual, yakni kaos lengan panjang  tanpa kerah warna coklat susu, dipadu celana jins biru serta sepatu sneaker  hitam.


Berita Lainnya

Index
Galeri