Lari Pagi, Siang, Atau Sore, Mana yang Lebih Baik?

Lari Pagi, Siang, Atau Sore, Mana yang Lebih Baik?

Olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga yang cukup digemari. Hal tersebut dikarenakan lari merupakan olahraga yang cukup sederhana dan mudah dilakukan dimanapun serta kapanpun. Sampai saat ini, lari dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, diantaranya memberi kebugaran, mengusir lemak, serta membentuk otot pada betis dan perut.

Namun, tidak sedikit pula perdebatan terjadi tentang olahraga yang satu ini. Perdebatan tersebut mengenai waktu yang paling baik untuk lari. Ada yang mengatakan jika pagi hari adalah waktu yang paling tepat. Lalu, tak sedikit pula yang mengatakan jika hasil dari lari dapat dirasakan jika dilakukan pada siang dan sore hari. Anggapan mana yang benar?

Sebenarnya, dilakukan kapanpun waktunya, olahraga ini tetap memberikan manfaat bagi yang melakukannya. Memang, ada sedikit perbedaan efek jika dilakukan pagi, siang, atau sore. Dikutip dari Runners World, berikut perbedaannya.

Lari Pagi Hari

Dari hasil penelitian, menjelaskan bahwa lari di pagi hari memang baik bagi tubuh dan kesehatan seseorang. Hanya saja, pagi hari saat orang baru bangun, tubuh belum sepenuhnya siap untuk diajak bergerak secara keras. Terbukti jika orang yang berolahraga lari di pagi hari sering mengalami cidera. Kendati demikian, olahraga pagi bisa menyehatkan sebab udara masih sangat segar. Maka dari itu, saat Anda memutuskan olahraga lari di pagi hari, jangan terlalu memaksakan diri. Lari semampu dan sewajarnya saja.

Lari Siang Hari

Untuk waktu ini memang cukup baik. Sebab, saat siang tubuh Anda sudah memiliki energi cadangan. Tapi perhatikan, jangan terlalu lama di bawah terik matahari karena Anda bisa terganggu karena sinar UV yang terkontak langsung dengan tubuh Anda. Selain itu, lari pada siang hari jangan di tengah perkotaan sebab polusi lingkungan sedang tinggi-tingginya. Lebih baik lari di tempat latihan kebugaran atau di dalam gedung.

Lari Sore Hari

Sore hari digadang adalah sebagai waktu yang paling ideal untuk olahraga lari. Pasalnya pada waktu ini, performa paru-paru serta organ lainnya sudah stabil pada sore hari. Sehingga Anda bisa melakukannya tanpa takut cidera. Tapi walau waktu sore sangat bagus untuk lari, tak sedikit orang yang enggan melakukannya karena alasan pekerjaan atau sudah lelah akibat akitivitas seharian.


Berita Lainnya

Index
Galeri