Mulai dari Masalah Berat Badan Hingga Stroke, Inilah Bahaya Terlalu Sering Makan Nasi Goreng

Mulai dari Masalah Berat Badan Hingga Stroke, Inilah Bahaya Terlalu Sering Makan Nasi Goreng

Salah satu makanan yang paling digemari untuk dikonsumsi di malam dan pagi hari adalah nasi goreng. Tak hanya nikmat, nasi goreng juga akan menghangatkan tubuh saat suhu udara malam atau pagi hari cukup dingin. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi nasi goreng terlalu sering karena bisa memicu dampak kesehatan yang tidak baik.

Hal pertama yang akan terjadi jika kita mengonsumsi nasi goreng terlalu sering adalah kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kalori di dalam nasi goreng yang sangat tinggi. Bahan utama nasi goreng, yakni nasi, sudah memiliki kandungan kalori yang tinggi. Ditambah dengan pengolahannya yang digoreng dengan minyak, maka kandungan kalorinya tentu akan meningkat. Belum lagi dengan adanya tambahan lauk seperti telur, daging, atau bahkan kerupuk yang tentu memiliki kalori yang tidak sedikit.

Tak hanya bisa menaikkan berat badan, kerap mengonsumsi nasi goreng juga bisa memicu datangnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini disebabkan oleh minyak goreng yang dipakai untuk mengolah nasi goreng yang termasuk dalam minyak tak jenuh. Kandungan di dalam minyak inilah yang bisa memperburuk kesehatan organ kardiovaskular.

Memang, nasi goreng memiliki rasa yang sangat enak, apalagi jika kita sudah menemukan nasi goreng langganan yang sesuai dengan selera kita. Namun, ada baiknya kita mulai menurunkan frekuensi mengonsumsinya dan selalu menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang.

Demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, pakar kesehatan juga meminta kita untuk rutin-rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan mencukupi kebutuhan air minum setiap hari. Kalau Sobat sering makan nasi goreng tidak?


Berita Lainnya

Index
Galeri