Bukan di Pagi Hari, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Mandi

Bukan di Pagi Hari, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Mandi

Mandi layaknya sebuah kewajiban yang selalu Anda lakukan setiap hari, baik pada pagi hari sebelum aktivitas dan malam setelah aktivitas. Pada dasarnya mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar, apalagi setelah Anda telah melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari.

Namun, di antara pagi dan malam hari, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mandi? Dilansir dari laman independent.co.uk, ternyata waktu yang tepat untuk mandi adalah di malam hari, bukan pagi hari.

Walau demikian, nyatanya masih banyak orang yang mengkhawatirkan mandi pada malam hari, tapi pada faktanya justru mandi malam hari adalah sebuah keharusan dan memiliki banyak manfaat. Mandi di malam hari harus Anda lakukan, apalagi setelah beraktivitas, karena badan penuh dengan keringat dan bakteri.

Maka dari itu, cara untuk membersihkan badan yaitu dengan mandi, hal ini pun sesuai dengan pernyataan dari The Sleep Ambassador, Nancy Rothstein. "Jika kamu suka mandi di pagi hari, lakukanlah. Tapi, yang lebih penting adalah mandi di malam hari. Sangat penting agar badan bersih sebelum tidur," ujar Nancy.

Anda harus membersihkan seluruh bagian tubuh sebelum beranjak tidur, termasuk mencuci kaki sebelum naik ke atas kasur. Nah ternyata antara mandi pagi dan malam hari, memiliki manfaatnya masing-masing.

"Mandi pagi memungkinkan waktu untuk bermeditasi dan menyegarkan tubuh sebelum memulai hari yang panjang atau sibuk," kata Mona Gohara, MD, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine. "Mandi pagi dapat mengurangi peradangan di kulit dengan menjaga kadar hormon yang disebut cortisol capped," tambahnya.

Selain itu, menurut Yen Reis mendiri Skin Laundry, mandi pagi juga bisa membuat kulit terlihat lebih sehat, khususnya jika menggunakan air hangat. "Mandi pagi dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Tapi jangan menggunakan air terlalu panas, karena dapat memiliki efek sebaliknya, khususnya untuk kulit kering dan sensitif," kata Reis.

Mandi pagi memiliki beragam manfaat, tapi ternyata mandi malam justru memiliki lebih banyak manfaat daripada mandi pagi. Para ahli mengatakan, mandi di malam hari memiliki banyak manfaat untuk kulit, dan penting untuk menghapus semua riasan, minyak, kotoran, dan polutan yang telah terakumulasi di kulit sepanjang hari.

Mandi malam juga dapat memengaruhi kualitas tidur. "Sebelum tidur, maka harus bersih terlebih dahulu. Karena, kita sudah beraktivitas hampir sepanjang hari. Itulah mengapa pentingnya mandi di malam hari," jelas Dr. Gohara.

Saat mandi di malam hari juga disarankan untuk menggunakan air hangat, karena dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks setelah melewati padatnya aktivitas, maka tidur pun akan lebih pulas. "Semakin baik kualitas tidur, semakin baik pula kondisi tubuh yang lain, misalnya kesehatan kulit," ucapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri