Perhatikan! 5 Tanda Ini Akan Muncul Sebelum Kiamat Datang

Perhatikan! 5 Tanda Ini Akan Muncul Sebelum Kiamat Datang

Hari kiamat pasti akan datang. Terjadinya hari kiamat hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Namun sebelum datangnya hari kiamat, ada beberapa tanda yang akan terjadi di dunia ini. Apa saja tanda-tandanya? Berikut di antaranya:

1. Tiga Tanah Longsor

Satu akan terjadi di Timur, satu di Barat, dan satu di Jazirah Arab. Tidak banyak informasi tentang peristiwa ini, dan karena itu tidak banyak yang bisa dijelaskan lebih lanjut. Namun, penafsir hadits terkenal Ibn Hajar mengatakan bahwa tanah longsor adalah kejadian yang sudah lumrah terjadi. Oleh karena itu, menurut pendapat beliau, ada kemungkinan bahwa ketiga tanah longsor yang akan terjadi sesaat sebelum hari kiamat berkekuatan sangat besar dengan tingkat kerusakan yang luar biasa, hal itulah yang membedakan tanah longsor ini dengan tanah longsor yang sudah sering terjadi. [1] Wallahu’alam.

2. Kabut Asap

Di antara tanda-tanda besar yang disebutkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, adalah adanya asap. Allah berfirman tentang kejadian ini dalam Al-Qur’an, “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” (QS. Ad-Dukhan: 10-11).

Sekali lagi, selain apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah, sangat sedikit hal yang dapat dijelaskan mengenai tanda ini. Namun, ada hadits dimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Sesungguhnya, Tuhan kalian telah memperingatkan tentang tiga [hal]: Kabut yang meliputi orang beriman seperti penyakit pilek dan meliputi orang kafir dimana kabut itu mengepul sampai-sampai keluar dari telinganya.”

3. Terbitnya Matahari dari Barat

Menurut sejumlah besar ahli tafsir Al-Qur’an, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah, huruf yang dicetak tebal dari ayat berikut ini mengacu pada fenomena terbitnya matahari dari Barat sebelum terjadinya hari kiamat, “Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya tanda dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula).” (QS. Al-An’am: 158)

4. Binatang Melata di Bumi

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS. An-Naml: 82).

Ayat ini menjelaskan tentang binatang melata yang akan muncul dari bumi sebelum hari kiamat. Ketika binatang itu datang, ia akan memberitahukan kepada manusia tentang siapa saja yang beriman dan yang tidak beriman.

5. Api yang akan Mengumpulkan Manusia

Setelah ini terjadi, kiamat sudah sangat dekat. Sahih Muslim meriwayatkan hadits dimana Rasulullah menjelaskan sepuluh tanda-tanda besar yang berakhir dengan, “pada akhirnya api yang membakar akan muncul dari Yaman, dan akan mengumpulkan manusia ke tempat mereka berkumpul.” Kita tidak bisa membayangkan betapa besarnya kobaran api ini dan horor (rasa takut yang teramat sangat) yang hinggap pada hati setiap manusia yang menyaksikan api ini.

Catatan:
[1] Ibnu Hajar, Fath al-Baari, vol. 13, hal. 84.


Berita Lainnya

Index
Galeri