Girls! Ini 5 Bahaya Kesehatan Jangka Panjang Memakai Sepatu Hak Tinggi

Girls! Ini 5 Bahaya Kesehatan Jangka Panjang Memakai Sepatu Hak Tinggi

Memang memakai sepatu hak tinggi merupakan keharusan bagi seorang wanita. Hal tersebut dikarenakan akan berpengaruh pada penampilan wanita. Tapi, di balik keindahan seorang memakai sepatu hak tinggi, sebenarnya menyimpan berbagai risiko bagi kesehatan.

Simak tulisan dr. Sherly Desnita Savio berikut ini, yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Juli 2018. Faktanya, saat menggunakan sepatu hak tinggi, secara disadari maupun tidak, postur tubuh kita juga mengalami perubahan demi menjaga keseimbangan.

Beberapa di antaranya, posisi dada kita yang lebih maju ke depan, pinggul yang terdorong ke depan sehingga posisinya tidak lagi lurus dengan tulang belakang. Selain itu, ada beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian sepatu hak tinggi dalam jangka panjang. Apa saja?

1. Masalah pada jari kaki

Sepatu hak tinggi, terutama yang ujungnya sempit, bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan kuku kaki. Akibatnya kuku kaki tumbuh ke dalam, dan dapat menyebabkabn paronikia (cantengan).

Bila tidak diobat, kondisi ini dapat berujung pada infeksi yang bisa menyebar ke bagian kaki lain. Selain itu, sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan bengkoknya jari kaki akibat tekanan yang berlebihan. Kondisi ini sering ditemukan pada pangkal ibu jari (disebut bunion), namun bisa juga dijumpai pada jari-jari kaki lainnya.

2. Masalah pada tumit

Dalam jangka panjang tumit akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan kebiasaan gerakan berjalan yang tidak alamiah ini. Akibatnya, dapat terjadi peradangan tendon di tumit, disebut dengan Achilles Tendinitis.

Jika dibiarkan, maka tendon ini dapat melemah dan lebih rentan terhadap robekan. Tendon Achilles adalah tendon terkuat di tubuh manusia, sehingga bila robek, akibatnya kita tidak dapat berjalan.

3. Masalah pada lutut

Tidak hanya kaki, namun lutut juga ikut menanggung beban akibat penggunaan sepatu hak tinggi. Akibat ketidakseimbangan distribusi tekanan, akan terjadi gesekan-gesekan di sendi lutut, terlebih lagi jika berat badan Anda berlebih.

Jangka panjangnya, kondisi ini dapat menimbulkan kerusakan serta peradangan pada tulang rawan dan jaringan lunak sekitar sendi, yang disebut dengan osteoartritis.

4. Masalah tulang belakang

Perubahan postur akibat penggunaan sepatu hak tinggi dapat memicu nyeri punggung bagian bawah akibat otot sekitar punggung yang meregang. Selain itu, juga bisa timbul nyeri yang menjalar dari pinggang ke paha, disebabkan oleh saraf yang terjepit akibat postur yang tidak tepat ini.

5. Terkilir dan patah tulang

Tumpuan berat badan yang tidak rata menyebabkan keseimbangan Anda terganggu, akibatnya ketiga tergesa-gesa atau berjalan di permukaan licin, Anda jadi lebih mudah terkilir.

Selain itu tekanan berlebih pada permukaan telapak kaki dapat menyebabkan penurunan integritas tulang dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang halus di telapak dan jari kaki.

Walaupun risikonya banyak tapi bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh menggunakan sepatu hak tinggi. Anda tentu boleh menggunakannya, hanya ada beberapa hal yagn perlu diperhatikan, antara lain:

- Hindari menggunakan sepatu hak tinggi dalam waktu terlalu lama.

- Gunakan saat benar-benar dibutuhkan saja.

- Jangan lupa, lakukan peregangan kaki, lutut, dan pinggang, sebelum dan sesudah menggunakan sepatu hak tinggi.

- Dalam memilih sepatu, sebaiknya hindari yang haknya lebih tinggi dari 5 cm dan pilihlah yang ukurannya sesuai dengan kaki Anda.

- Sepatu dengan ujung runcing atau menyempit juga kurang baik digunakan karena dapat mengakibatkan jari kaki Anda menjadi bengkok.

- Pilihlah sepatu yang bagian haknya cukup besar.

- Semakin kecil atau runcing bagian haknya, maka tekanan yang diberikan akna semakin besar dan risiko gangguan keseimbangan serta masalah pada tumit akan meningkat.

- Pilihlah sepatu yang alasnya tidak licin, dan berhati-hatilah saat berjalan menggunakan sepatu hak tinggi.

- Selalu sediakan sepatu datar sebagai alternatif seandainya kaki, lutut, atau pinggang Anda nyeri saat menggunakan sepatu hak tinggi.


Berita Lainnya

Index
Galeri