SERBA-SERBI

Terkesan Sepele, Ternyata Baca Bismillah Punya 3 Manfaat Dahsyat

Membaca bismillah? Bagi sebagian orang barangkali kurang terlalu mendapat perhatian. Sederhana memang pengucapan lafaz ini, tetapi ternyata tahukah Anda jika membaca bismillah dalam setiap urusan kita mempunyai banyak faedah.

Dalam kitabnya yang berjudul Abwab al-Faraj, Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliky al-Hasany mengungkap manfaat dan fungsi bismillah yang justru jarang tersentuh. Meski dalam pandangannya, hukum membaca bismillah adalah sunah.

Namun, ternyata memang tiga di antara fungsi tersebut sangat dahsyat. Berikut tiga fungsi bismillah yang penting kita ketahui agar semakin yakin membaca selalu bismillah di tiap aktivitas kita: 

Menghindarkan petaka

Mengutip Imam an-Nawawi, dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali lantas mengiyakan. Rasul kembali melanjutkan sabdanya, ”Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim.  Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” 

Kunci tercapainya keinginan

Dari Wahab bin Munabbih, Rasulullah bersabda, ”Sesungguhnya Allah memberikan kepada kalimat ini kekuasaan yang tidak dimiliki kalimat lainnya. Dengan bismillah, bersuci akan sempurna, sembelihan menjadi halal, setan akan tersingkir, anak-anak akan terjaga makanan dan minuman mereka. Seandainya diucapkan dengan ketulusan hati, bismillahirrahmanirrahim lalu menuju laut, niscaya tidak akan mampu menenggelamkannya, berada di kobaran api tak akan terbakar, dan tak akan tersentuh ular dan kalajengking. Dan jika dibaca di ujung atas makam seorang mukmin, akan diangkat azabnya berkat berkah bismillah.”

Batas pemisah setan

Membaca bismillah memberikan dinding pemisah bagi pembacanya dari setan. Misal, siapa pun yang memasuk rumah dengan membaca bismillah, maka setan mengaku tak akan mampu memasuki rumah itu sebab bacaan bismillah. Begitu halnya bila dibaca tatkala hendak makan atau minum, maka setan tak bisa menyentuh makanan atau minuman itu. 

Demikian sebaliknya, jika seseorang tidak menyertakan basmalah dalam aktivitas mereka, setan akan ikut serta. Baik ketika makan, minum, hingga urusan bersanggama. Inilah mengapa, kata Sayyid Muhammad, hikmah mengapa harus disertakan basmalah dan doa sebelum bersanggama.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video