Empat Tahun Memimpin, Ini Deretan Keberhasilan Jokowi Menurut PDIP

Empat Tahun Memimpin, Ini Deretan Keberhasilan Jokowi Menurut PDIP

JAKARTA - Empat tahun usia pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat apresiasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). PDIP menilai selama empat tahun memimpin Indonesia, Jokowi telah berhasil mencetak beragam prestasi.

Di antara beragam prestasi itu yakni menggenjot pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Bagi PDIP, pembangunan infrastruktur secara teknokratis dimaknai dalam peningkatan koneksitas, aksesibilitas, kemudahan mobilisasi, serta ketersediaan daya pengungkit kemajuan. 

"Dalam perspektif kebudayaan, infrastruktur itu memperkuat rasa percaya diri, optimisme dan membangun budaya kerja Indonesia berprestasi," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/10/2018).

Hasto mengatakan, perjalanan empat tahun pemerintahan Jokowi sangatlah dinamis. Awal pemerintahan Jokowi diwarnai dengan penghadangan parlemen sehingga Jokowi-JK saat itu praktis tidak memiliki kaki di pimpinan DPR dan alat kelengkapan Dewan. Hal tersebut berlangsung satu tahun lamanya, dinamika politik yang tajam, penuh intrik kekuasaan. 

Dalam situasi politik penuh hadangan di DPR tersebut, Hasto mengatakan, Jokowi terbukti mampu merangkul, membangun keyakinan kolaborasi-gotong royong dengan seluruh komponen bangsa. Dalam empat tahun pemerintahannya, justru Jokowi-JK semakin menuai beragam prestasi. 

“Peningkatan keadaban politik terpenting Pak Jokowi adalah menghadirkan kekuasaan di rumah-rumah rakyat melalui tradisi blusukan, program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, program e-warung, sertifikasi tanah untuk rakyat dan program kerakyatan lainnya," kata Hasto.

Hasto melanjutkan, PDIP menyoroti watak dan kepribadian pemimpin sebagai faktor dominan bagi bangkitnya optimisme bangsa. Banyak orang lupa bahwa penilaian utama seorang pemimpin itu dari watak dan karakternya. 

Hasto menilai, Jokowi adalah sosok yang tulus, merakyat, dan dengannya instrumen rasa penuh nilai-nilai kemanusiaan mengalir dalam keputusan politiknya. Karenanya, Hasto menyebut kepemimpinan Jokowi sebagai kepemimpinan yang genuine, dan menyapa rakyat dengan ketulusan. Watak kepemimpinan seperti itulah yang mampu membangunkan energi optimisme bangsa.

“Pak Jokowi sangat menghargai proses. Menguatnya rasa percaya diri bangsa di dunia internasional. Semua terjadi karena api perjuangan yang kembali menyala. Sebab tanpa api perjuangan yang menyala-nyala, suatu bangsa akan mati," pungkas Hasto.


Berita Lainnya

Index
Galeri