Pendaftaran CPNS 2018 Ditutup, Pelamar Tembus 4,4 Juta Orang

Pendaftaran CPNS 2018 Ditutup, Pelamar Tembus 4,4 Juta Orang

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi menutup registrasi peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pada Senin (15/10/2018). Pelamar CPNS tak dapat lagi membuat akun atau memilih instansi di situs sscn.bkn.go.id.
 
Sejak awal BKN memperkirakan jumlah pelamar berkisar 5 juta orang. Data BKN sampai Senin (15/10) menyebut jumlah pelamar mencapai 4,4 juta orang lebih. Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan data sampai pukul 16.00 WIB menyebutkan jumlah akun pelamar CPNS baru mencapai 4.410.528 orang.

Dari jumlah itu, pelamar sudah menyelesaikan proses pendaftaran ada 3.470.567 orang. Dengan begitu, masih ada sekitar 1 juta pelamar belum menuntaskan proses pendaftaran. Dia menegakan BKN tidak memberikan toleransi kepada pelamar sudah membaut akun lamaran, tetapi belum menyelesaikan proses pendaftaran. Dia berharap di siswa waktu sampai tadi malam, seluruh peserta menyelesaikan proses pendaftaran.

Ridwan menyebutkan instansi pusat paling sedikit pelamarnya. Badan Pengawas Tenaga Nuklir menjadi paling sedikit sebanyak 686 orang dengan jumlah formasi 25 kursi. Kemudian Kemenkopolhukam ada 703 pelamar (formasi 21 kursi), Setjen Komisi Yudisial ada 744 pelamar (formasi 21 kursi), Setjen MPR ada 750 pelamar (formasi 23 kursi), dan Badan Informasi Geospasial ada 823 pelamar (formasi 50 kursi).

Dia menuturkan setelah selesai proses pendaftaran, maka BKN mempersiapkan infrastruktur komputer untuk seleksi kompetensi dasar (SKD). Kepastian jumlah unit komputer belum ditetapkan hingga kemarin. ’’(teknis jumlah komputer, Red) masih dirapatkan,’’ katanya.

Sejak awal BKN memprediksi bahwa jumlah pelamar CPNS baru tahun ini berkisar 5 juta orang. Sehingga BKN mempersiapkan infrastruktur komputer untuk SKD berbasis komputer dengan kapasitas 10 juta orang. Unit komputer yang digunakan untuk ujian juga menggunakan infrastruktur untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sementara itu Kementerian PAN-RB sudah menetapkan bahwa lokasi tes CPNS berbasis komputer tersebar di 873 titik. Dari jumlah tersebut 237 titik merupakan infrastruktur milik BKN. Sisanya sebanyak 636 titik merupakan fasilitas UNBK. ’’Sistem UNBK akan ktia sinkronkan dengan BKN,’’ kata Menteri PAN-RB Syafruddin.

Dia lantas menjelaskan ada 76 kementerian dan lembaga serta 293 instansi daerah menggunakan fasiltias komputer milik BKN. Kemudian ada 233 instansi lainnya menggunakan fasilitas komputer UNBK. Mantan Wakapolri itu menegaskan bahwa panitia seleksi nasional (panselnas) harus berorientasi memudahkan masyarakat dalam mengakses lokasi ujian.

Sebagaimana diketahui tahun ini formasi CPNS baru untuk instansi pusat dan daerah berjumlah 238.015 kursi. Untuk instansi pusat tersedia 51.271 formasi yang tersebar di 76 kementerian dan lembaga. Sementara itu instansi daerah mendapatkan jatah 186.744 formasi yang tersebar di 525 instansi.

Formasi guru menduduki peringkat teratas. Perinciannya adalah guru Kemenag di kabupaten dan kota sebanyak 12 ribu formasi. Kemudian guru kelas dan mata pelajaran pemda ada 88 ribu formasi. Lalu guru agama di pemda ada 8 ribu formasi. Selain itu formasi dosen di Kemenrsitekdikti dan Kemenag ada 14.454 formasi.


Berita Lainnya

Index
Galeri