Perhatikan! Terlalu Sering Berolahraga Bukannya Sehat, Tapi Malah Berbahaya

Perhatikan! Terlalu Sering Berolahraga Bukannya Sehat, Tapi Malah Berbahaya

Zaman sekarang, olahraga menjadi suatu hal umum bahkan wajib untuk dilakukan sebagai bentuk gaya hidup. Bukan cuma olahraga hanya sebagai gaya-gayaan, nyatanya kegiatan satu ini menjadi salah satu ajang unjuk diri status sosial.

Selain itu, banyak orang terlalu sering melakukan olahraga untuk menunjukkan bahwa tubuhnya sehat dan berotot. Olahraga memang memiliki banyak manfaat dan keuntungan, tapi terlalu banyak olahraga justru membahayakan untuk mental dan fisik kita. Kok bisa?

1. Mood yang nggak terkendali

Mood yang nggak terkendali

Ketika tubuh merasa lelah, kita akan merasa mood kita menjadi buruk. Sama dengan jika terlalu sering melakukan olahraga dari yang seharusnya, kita akan merasa lelah secara terus menerus sehingga mood kita pun menjadi nggak terkendali. Hal inilah yang akan mempengaruhi kita di kehidupan sehari-hari dalam melakukan aktivitas lain sampai dengan mengambil keputusan.

2. Meningkatkan resiko cedera

Meningkatkan resiko cedera

Terlalu sering menggunakan otot tendon dan ligamen menciptakan keadaan peradangan di tubuh dan sendi. Hal itulah yang menyebabkan kamu akan mudah cedera jika ada sesuatu yang mengenai tubuhmu. Nggak hanya secara fisik, mentalmu pun pasti akan selalu merasa terbebani karena rasa lelah yang selalu terserang.

3. Progres yang kamu lakukan akan terhalang

Progres yang kamu lakukan akan terhalang

Pernah merasa kamu ingin menurunkan berat badan tapi malah nggak keluar hasil ketika kamu melakukannya dengan frekuensi yang tinggi? Itu karena sistem dalam tubuhmu nggak siap untuk melakukan hal yang terlalu banyak dan terus menerus melebihi kapasitasnya. 

Singkatnya, ketika kamu berniat untuk menurunkan berat badan, atau membentuk otot dengan menambah rutinitas olahraga dan memaksa tubuhmu untuk bekerja keras, kamu akan makan lebih banyak atau justru malah nggak mengatur diet lainnya selain olahraga. Hal inilah yang menyebabkan kenapa olahragamu jarang berhasil.

4. Waktu tidurmu yang terganggu

Waktu tidurmu yang terganggu

Kamu merasa lelah tapi susah tidur? Itulah yang terjadi ketika terlalu banyak melakukan aktivitas yang nggak seimbang dengan kekuatan tubuhmu. Tubuh akan merasakan beban stres berlebih sehingga kamu pun nggak akan bisa beristirahat. Ini akan menyebabkan kamu merasa kelelahan dengan aktivitas kamu keesokan harinya.

5. Sistem imun melemah

Sistem imun melemah

Merasa kamu malah sering sakit padahal sudah berolahraga terus menerus? Peningkatan kortisol, seperti yang disebutkan di atas serta adrenalin, dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa 90 menit latihan berintensitas tinggi dapat membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit hingga 72 jam sesudahnya.

Setelah kamu membacanya, sekarang kamu paham ‘kan kalau olahraga yang berlebihan nggak akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. Olahraga yang baik adalah olahraga yang cocok untuk tubuhmu dengan proposi waktu yang pas. Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda, jadi pastikan olahraga itu memang sesuai dengan tubuhmu. Jika ragu, kamu bisa menanyakan ke instruktur olahraga atau pun dokter untuk lebih jelasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri