PT RSI Ujungbatu Komit Dalam Pengolahan Limbah Cair Sesuai Dokumen Lingkungan

PT RSI Ujungbatu Komit Dalam Pengolahan Limbah Cair Sesuai Dokumen Lingkungan

PASIRPENGARAIAN - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Rohul Sawit Industri (RSI) patut bangga mendapatkan kepercayaan sebagai percontohan (Pilot Project) pengelolaan limbah cair pabrik se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). 

Anak perusahaan Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Tbk ini dinilai komit mengelola limbah cair, hingga tidak berdampak pada kerusakan lingkungan, dan paling utama lagi perusahaan telah mematuhi aturan pengelolaan limbah cair sesuai dokumen lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) daerah setempat. 

Dibalik suksesnya perusahaan dalam mengelola limbah cair, ada beberapa rahasia yang sudah diterapkan Manajemen PT RSI. Mulai dari perawatan rutin tangung Intalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) seperti dipasang pompa untuk menarik sisa air cucian pabrik ke dalam IPAL,  kemudian tanggung IPAL juga sudah ditinggikan.

Menariknya lagi, disekitar tanggul IPAL tersebut ditanami sayur mayur yang kini tumbuh subur. Dan  kolam rembesen limbah cair di bawah tanggung sekarang dijadikan kolam pancing perusahaan,sebagai tempat rekreasi bagi para karyawan. 

Saat ini, pihak perusahaan juga membuat land aplikasi (LA) yang menyalurkan limbah cair ke kebun kelapa sawit milik masyarakat, dan itu dijadikan sebagai pupuk. Bahkan, saat ini pihak perusahaan sedang membangun pengelolaan pupuk kompos. 

Manajer PKS PT RSI Ir Batoan Panjaitan menjelaskan, bagi pihaknya pengelolaan limbah menjadi perhatian utama yang harus dilakukan. Itu terbukti dengan cukup besarnya investasi perusahaan untuk mencapai komitmen menjaga lingkungan hidup, terutama dalam pengelolaan limbah cair sesuai aturan yang ada.

‘’Kita terus membenahi dan tunjukan komitmen untuk mengelola limbah cair kelapa sawit dengan baik," jelas Manajer Batoan Panjaitan menjawab wartawan, Senin (8/10/2018).

Baru baru ini, kata Batoan Tim Dinas LH Rohul sudah turun kelapangan melakukan peninjauan, pengawasan serta melihat secara langsung. Kita prioritaskan mengelola limbah dengan baik dan ramah lingkungan.

Dibenarkan Kepala DLH Kabupaten Rohul Drs Hen Irpan MSi melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Hutan Asdinoper SSos MIp mengakui pengawasan rutin ke PKS PT RSI, saat ini pengelolaan limbahnya sudah baik sesuai dengan dokumen lingkungan, yang kita dijadikan sebagai pilot project bagi perusahaan lain dalam pengelolaan limbah cairnya.

‘’Kita harapkan pengawasan limbah cair oleh PKS PT RSI terus ditingkatkan. Jangan sampai terjadi lagi tanggul Ipal yang jebol, karena tingginya curah hujan. Perlu menuntuk karyawan yang khusus mengawasi pengawasan limbah cair,’’ pesan Asdinoper.


Berita Lainnya

Index
Galeri