Subhanallah... Sudah Dimakamkan Puluhan Tahun, Tujuh Jasad di TPU Kumbi Depok Ini Masih Utuh

Subhanallah... Sudah Dimakamkan Puluhan Tahun, Tujuh Jasad di TPU Kumbi Depok Ini Masih Utuh

DEPOK - Ratusan makam di TPU Kumpi Saribah, Limo, Depok, dipindahkan karena akan terkena proyek pembangunan Tol Depok Antasari (Desari). Dari ratusan makam yang dibongkar tersebut, tujuh jasad diketahui masih dalam kondisi utuh.  

Tujuh jasad yang masih utuh ini mengehebohkan warga sekitar makam dan juga ahli waris. Apalagi ketujuh jasad tersebut telah dimakamkan bertahun-tahun. 

Nian Aji, salah satu warga mengatakan dari ratusan jasad yang sudah dipindahkan, ada tujuh yang masih dalam kondisi utuh. "Ada tujuh yang masih utuh padahal sudah puluhan tahun dimakamkan," katanya, Kamis (20/9/2018).

Dia mengaku menyaksikan sendiri ketika jasad itu diangkat dan dipindahkan. Dia menceritakan, ada jasad yang rambutnya masih utuh, tenggorokan masih bagus. "Kalau kafan memang sedikit rusak," ceritanya.

Sementara itu Camat Limo, Herry Restu Gumelar mengatakan pemindahan ratusan makam ini pun sudah melalui persetujuan seluruh ahli waris makam. Meski jumlah makam yang dipindahkan cukup banyak, namun pemindahan makam ini pun tetap menggunakan tata cara sesuai aturan islami. 

"Ya seperti awal pemakaman ya, dimandiin dulu, dikafani, dan disalatkan. Baru setelah itu dimakamkan ditempat pemindahan. Semua perwakilan ahli kubur pun kita undang kok untuk menyaksikan pemindahan makam ini," ujarnya.

Herry pun mengatakan, sampai saat ini belum ada kendala saat proses pemindahan makam. "Sampai dengan saat ini belum ada laporan terkait kendala. Semoga kondisi seperti ini dapat terjaga hingga semua makam rampung dipindahkan," ucapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri