Gara-Gara Ini, 40 Persen Pemilih Bakal Pindah ke Prabowo-Sandi, Berikut Datanya

Gara-Gara Ini, 40 Persen Pemilih Bakal Pindah ke Prabowo-Sandi, Berikut Datanya

JAKARTA - Sebanyak 40 persen suara pemilih pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin berpeluang untuk pindah ke rivalnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali menyatakan, hal itu karena salah satu kelemahan dari pasangan Jokowi-Ma’ruf adalah dari sisi soliditas pemilihnya.

“Ada peluang dari sisi soliditas pemilih 40 persen, tadi ada peluang untuk pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin pindah ke pasangan sebelah (Prabowo – Sandi),” ujar Hasanuddin dalam ‘Laporan Survei Nasional: 3 Kunci Kemenangan Pilpres 2019’ di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).

Namun demikian, kata Hasanuddin, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memiliki suara signifikan untuk pemilih di Pulau Jawa. “Tapi di luar Jawa ini bermasalah. Akan tetapi ini jumlahnya tidak lebih dari 20 persen. Sedikit,” ungkapnya.

Hasanuddin mengatakan, peluang Jokowi-Ma’ruf memenangkan Pilpres 2019 bakal lebih mudah jika mereka bisa menggenjot perolehan suara di Pulau Jawa sampai lebih dari 60 persen atau unggul di semua provinsi di Jawa.

“Posisi Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa relatif aman, dalam artian jika menang di semua provinsi di Jawa. Itu aman,” imbuhnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri