Antisipasi PMK Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu di Desa Koto Cerenti Cek Sapi Warga Binaan

Selasa, 20 September 2022 | 10:26:24 WIB

Kuansing- Babinsa dari Koramil 06/cerenti Serda Juanda melakukan pengecekan Sapi warga di desa binaanya Desa Koto Cerenti Kec. Cerenti, kab. Kuansing, Selasa (20/09/2022).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi yang saat ini sedang merambah ribuan sapi di Wilayah Kecamatan Cerenti .

Seperti yang disampaikan oleh dinas peternakan yang menyebutkan bahwa untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular ke manusia itu, perlu dilakukan pantauan peternak sapi. Bahkan, sempat dipikirkan lockdown jika ada temuan kasus PMK disuatu wilayah.

Pak Balok sapaan akrab dengan Babinsa Desa Koto Cerenti menyebutkan, berdasarkan keterangan dari salah satu warga binaan Bapak Yurman yang dipantau secara langsung dilapangan, tidak adanya temuan sapi yang sakit.

“Ada sekitar 4 sapi yang dicek, namun semua pada semua dan tidak ada penyakit kuku dan Mulut (PKM),” jelasnya.

Babinsa koramil 06/Cerenti Serda Juanda dan juga mengimbau kepada pemilik sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya agar hewan ternak tersebut tidak mudah terkena wabah penyakit

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” ungkapnya.

Terkini