Pergelaran P5 SMAN 1 Gunung Toar, Angkat Tema Bangunlah Jiwa Raganya dan Kebhinekaan Tunggal Ika 

Pergelaran P5 SMAN 1 Gunung Toar, Angkat Tema Bangunlah Jiwa Raganya dan Kebhinekaan Tunggal Ika 

Kuansing- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk mendorong upaya desakan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang Disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), SMA Negeri 1 Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun ajaran 2022/2023 melaksanakan kegiatan P5 dengan mengambil tema “Bangunlah Jiwa Raganya dan Kebhinekaan Tunggal Ika".

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Maret 2023, dihadiri oleh seluruh siswa dan siswi, majelis guru dan tenaga kependidikan. Turut hadir juga Camat Gunung Toar yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan serta seluruh Kepala Desa se-Gunung Toar. 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gunung Toar Ziyadul Kamal,S.Pd.I.,M.A mengatakan Tujuan dari tema yang diusung pada Pergelaran P5 pertama kalinya ini adalah membangun jiwa peserta didik agar memiliki jiwa dan mental yang sehat, dapat menjadi teladan bagi siapapun, dan memiliki sikap religius.

Membangun raga berarti peserta didik bisa memiliki tubuh yang sehat dan aktif dalam belajar, katanya.

Sedangkan dengan Kebhinekaan Tunggal Ika membangun dimensi profil pelajar pancasila berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif, lanjut Kepala SMAN 1 Gunung Toar Ziyadul Kamal, S.Pd.I., M.A. 

Kegiatan ini adalah sebagai wadah peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi diri sesuai dengan bakat dan minatnya dan juga sebagai upaya untuk pencapaian kompetensi dasar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)., jelasnya. 

Kegiatan dimeriahkan selebrasi penampilan seluruh peserta didik kelas X, dengan mengangkat  budaya Indonesia. Acara dihadiri oleh Camat Gunung Toar, Kepala Desa, Pengawas Pembina, Tokoh Pendidik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Ketua Komite. 

Selain itu juga dilakukan Deklarasi Agen Perubahan Anti Perundungan (Stop Bullying) dan penandatanganan nota kesepahaman  antara SMAN 1 Gunung Toar dengan Pemerintahan Kecamatan dan 14  Desa/Kelurahan di Gunung Toar.


Berita Lainnya

Index
Galeri