Babinsa Koramil 06/ Cerenti Kodim 0302/Inhu Dampingi Kelompok Tani Kombang Bungo Mawar Panen Jagung Manis

Babinsa Koramil 06/ Cerenti Kodim 0302/Inhu Dampingi Kelompok Tani Kombang Bungo Mawar Panen Jagung Manis

Kuansing- Babinsa Koramil 06/Cerenti Serda Samrin bersama PPL atas nama bapak Anton Kartomi dan kawan - kawan mendampingi Ibu -ibu PKK panen jagung manis seluas 0,25 hektare. Lahan itu merupakan milik Kelompok Tani "Kombang Bungo Mawar,"dengan ketuanya Ibu Sulastri warga Desa Kampung Baru Koto, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (21/04/2021)

Budidaya jagung manis sangat menguntungkan petani karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, waktu panen pendek sekitar 70 hari serta sistem panennya yang cepat sehingga banyak petani yang menanam jenis Jagung ini dibandingkan jenis jagung yang lain. 

Tanaman jagung manis sangat cocok ditanam didataran rendah sampai tinggi hingga mencapai ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, untuk media tanam bisa ditanam tanah liat, liat berpasir, tanah humus, tanah vulkanik, tanah yang kaya unsur hara, matahari yang cukup serta curah hujan. 

Untuk menanam jagung Lahan digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul, Untuk tanam musim kemarau hanya meratakan permukaan lahan dengan garuk pada bajak agar mudah dalam proses pengairan, namun berbeda dengan penanaman pada musim penghujan, untuk musim penghujan sebaiknya lahan dibuat bedengan kasar agar nantinya tanah tidak tergenang air.

“Saya sangat senang karena panen kali ini hasilnya sangat baik sehingga bisa membantu kebutuhan hidup selain membeli dipasar,” kata Ibu Sulastri. 

Babinsa meminta petani apabila dalam bertani menemukan berbagai kendala atau permasalahan agar tidak segan untuk melaporkan kepada Babinsa. 

"Sehingga apabila ditemukan kendala bisa diambil langkah yang tepat sehingga petani tidak mengalami kerugian yang disebabkan gagal panen," jelasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri