Loading...
RIAU

Babinsa 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu, Koptu Hasriyon Bersama Siswa-Siswi Melaksakanan Senam Pemanasan Sebelum Kegiatan Olahraga Di Mulai.

 

TELUKKUANTAN-Melakukan pemanasan sebelum olahraga tentu sangatlah penting. Hal ini dilakukan Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu Koptu Hasriyon Di SMA Negeri 1 Pangean,Selasa (25/2/2020). Ini bertujuan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan ketika Anda sedang melakukan olahraga.

Namun, terkadang masih banyak orang yang menganggap bahwa pemanasan sebelum olahraga tidaklah penting. Memang, ketika Anda melakukan pemanasan biasanya membutuhkan waktu tambahan sehingga Anda tidak bisa langsung berolahraga tetapi meskipun melakukan pemanasan membutuhkan waktu tambahan sebelum mulai berolahraga. 

Loading...

Padahal, pemanasan merupakan salah satu investasi penting yang perlu dilakukan sebelum mulai berolahraga.

Dikatakan Koptu Hasriyon, Satu hal yang pasti, melakukan pemanasan secara efektif dapat mencegah Anda mengalami cedera parah, ujar Koptu Hasriyon.

"Pemanasan akan meningkatkan fleksibilitas sendi dan jaringan ikat, seperti tendon, sehingga akan mencegah cedera," katanya.

"Selain itu, otot berkontraksi lebih efisien ketika suhu intinya dinaikkan, sehingga ada sedikit peluang tarikan atau robekan dan kinerja Anda akan lebih baik dan lebih kuat. Pemanasan juga memiliki banyak manfaat bagi Jantung Anda," tambah Hasriyon.

Hal ini karena ketika Anda melakukan cardio secara tiba-tiba dapat mengejutkan sistem kardiovaskular Anda. Sebaliknya, pemanasan yang lembut dapat dengan aman melebarkan arteri dan meningkatkan detak jantung Anda untuk memastikan tubuh Anda dapat menangani cardio yang Anda lakukan.

Adapun berapa lama pemanasan yang seharusnya Anda lakukan, Koptu Hasriyon mengatakan bahwa tidak ada berapa lama waktu yang harus ditentukan untuk melakukan pemanasan. Faktor-faktor seperti waktu olahraga, suhu lingkungan Anda, tingkat aktivitas Anda, dan rasa sakit yang mungkin sudah Anda rasakan sebelumnya dapat menentukan berapa lama Anda perlu melakukan pemanasan.

"Seseorang harus melakukan pemanasan selama yang dibutuhkan untuk siap berolahraga. Salah satu indikator bahwa Anda sudah cukup melakukan pemanasan adalah jika Anda sudah mulai berkeringat," katanya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah peregangan dan pemanasan tidak dapat ditukar. "Lebih baik untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan kemudian melakukan peregangan," kata Hasriyon.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video