Anggota Koramil 06/Cerenti Dim 0302/Inhu Serda Hendriswan, Membantu Petani Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe Rawit.

Anggota Koramil 06/Cerenti Dim 0302/Inhu Serda Hendriswan, Membantu Petani Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe Rawit.

 

TELUKKUANTAN-Pendampingan kepada para petani di wilayah Koramil 06/ Cerenti Dim 0302/Inhu sampai kini masih terus berlangsung.  Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Serda Hendriswan, membantu petani melakukan pembersihan gulma tanaman cabe di lahan milik Yeni di Desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman, Rabu (5/02/2020).

Kegiatan pendampingan pembersihan gulma dan rumput liar di lahan seluas 0.5 hektar yang ditanami cabe rawit varietas hibrida.

Di sela-sela kegiatan, Serda Hendriswan menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman Cabe merupakan bagian dari perawatan tanaman cabe. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (cabe) terlebih pada masa pertumbuhan hingga berbuah,ujar Hendriswan.

Ungkapan terimakasih dari ibuk Yeni kepada Babinsa yang telah membantu dalam pembersihan gulma tanaman cabe.

Pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. 

Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman cabe kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman cabe yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen. 

Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman cabe untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang terserang hama atau penyakit sehingga bisa dengan segera diatasi, ungkap Babinsa.


Berita Lainnya

Index
Galeri