Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs.H.Mursini,M.Si Buka Pacu Jalur Rayon 1 Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs.H.Mursini,M.Si Buka Pacu Jalur Rayon 1 Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

TELUKKUANTAN- Festival budaya kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing) yakni Pacu Jalur Rayon I ditepian Lubuok Sobau, Kuantan Hilir Seberang secara resmi dibuka oleh Bupati Kuansing, H. Mursini, Kamis (4/7/2019).

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Asisten I dan III, Staf Ahli, Anggota DPRD Kabupaten Kuansing, Ketua Tim Penggerak PKK Kuansing Dra Emi Safitri, Camat Kuantan Hilir Seberang, Camat Kuantan Hilir, Camat Logas Tanah Darat, Camat Inuman, Camat Cerenti, Kapolsek Kuantan Hilir, Danramil/07 Kuantan Hilir, Upika Kuantan Hilir Seberang, Ketua Koni Kabupaten Kuansing, para Kades serta sejumlah tokoh masyarakat Kuantan Hilir Seberang.

Dalam sambutannya Bupati Kuansing Mursini menyampaikan apresiasinya kepada Panitia Pacu Jalur Rayon I yang telah menyiapkan acara sejak dari awal sehingga membuat tepian Lubuok Sobau, Kuantan Hilir Seberang ini penuh sesak oleh penonton.

Dikatakan Bupati, pacu jalur di Kabupaten Kuansing tidak saja mengandung unsur olah raga semata. Tetapi juga merupakan produk budaya dan karya seni masyarakat yang memiliki dan mengandung mana tersendiri, yang meliputi aspek seni ukir, seni tari dan artistik lainnya.

Selain dari itu, pacu jalur juga mengandung makna  pilosofi gotong royong, musyawarah dan mufakat, serta rasa persatuan dan kesatuan yang telah diimplimentasikan dalam langkah perbuatan, sifat dan sikap setiap insan di negeri ini.

"Pacu jalur ini merupakan kebagaan kita bersama, saya mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dan dapat memanfaatkan ini sebaiknya untuk peningkatan perekonomian masyarakat selama berlangsung pacu jalur,"pesan Bupati.

Bupati juga meminta agar masyarakat ikut membantu petugas keamanan untuk menjaga kondusifitas selama pegelaran pacu jalur ini.

"Saya berpesan kepada masyarakat atau penonton pacu jalur ini agar tidak membuang sampah di sungai Kuantan, agar sungai kuantan tidak tercemar dengan kantong-kantong plastik." tambahnya.

Sementara itu, Camat Kuantan Hilir Seberang,  Akhyan Armofis mengucapkan selamat datang Bupati Kuansing Mursini berserta rombongan. Dia mengatakan, pacu jalur rayon I ini merupakan ajang silahturahmi antar masyarakat Kabupaten Kuansing. 

"Kuantan Hilir Seberang baru menyelenggarakan pacu rayon baru dua kali, jadi kalau ada kekurangan saya panitia dan masyarakat Kuantan Hilir Seberang mengucapkan mohon maaf," tutupnya seraya menambahkan bahwa jumlah jalur yang mengikuti even ini berjumlah 72 buah jalur.


Berita Lainnya

Index
Galeri