Presiden Zaman Now Tak Ada yang Pernah Merasakan, Cuma Bung Karno yang Pernah Alami 5 Hal Mengerikan Ini

Presiden Zaman Now Tak Ada yang Pernah Merasakan, Cuma Bung Karno yang Pernah Alami 5 Hal Mengerikan Ini

Soekarno alias Bung Karno adalah Presiden Pertama sekaligus sang founding father Indonesia. Kehidupan sang proklamator yang penuh perjuangan itu sendiri hingga kini tetap dikagumi banyak orang dan dijadikan rujukan dalam perjuangan.

Namun jika diteliti kembali, hidup Bung Karno ternyata tidak hanya penuh dengan perjuangan tapi juga berisi sejumlah hal yang cukup 'mengerikan'. Pasalnya, hal-hal tersebut tidak pernah dialami presiden zaman now. Apa sajakah itu?

1. Dipenjara

Berbeda dengan presiden zaman now, Bung Karno dulu sering ditahan dan dipenjara. Tak hanya itu, sang proklamator juga pernah diasingkan sehingga tidak bisa bertemu dengan keluarga dan teman-teman seperjuangannya. Saat ini meski dipenjara sekalipun, seseorang masih dengan mudah bisa bertemu dengan keluarga dan teman-temannya.

2. Diculik

Tak cukup dengan pernah dipenjara, Bung Karno juga pernah diculik. Penculikan bersejarah itu sendiri hingga saat ini terkenal dengan nama Peristiwa Rengasdengklok.

3. Dekat dengan Perang

Bung Karno juga berbeda dengan presiden masa kini karena sang proklamator dekat dengan perang. Bung Karno dulu tercatat pernah datang sendiri ke Surabaya saat terjadi pertempuran.

4. Sempat Beberapa Kali Akan Dibunuh

Lebih 'mengerikannya', Bung Karno juga beberapa kali menghadapi percobaan pembunuhan. Tidak sembunyi-sembunyi, percobaan itu dilakukan secara terbuka dan terang-terangan. Contoh serangan terhadap Bung Karno adalah peristiwa Granat Cikini, Penembakan Istana Presiden oleh Pilot Daniel Maukar, hingga Penembakan Kahar Muzakar.

5. Pensiun Tanpa Harta

Setelah pensiun, Bung Karno tidak memiliki harta apapun. Bahkan saat masih di Wisma Yaso, Presiden Pertama RI ini konon kesulitan masalah uang. Namun semua itu tetap dijalani Bung Karno dengan ikhlas hingga akhir hayatnya.

Itulah 5 hal 'mengerikan' yang pernah dialami Bung Karno. Benar-benar pejuang sejati ya?


Berita Lainnya

Index
Galeri