PEKANBARU

Persaingan CPNS 2018 di Pemko Pekanbaru Bakal Berat, Sudah 2.000 Lebih Pelamar Siap Berebut 304 Lowongan yang Tersedia

PEKANBARU - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membludak. Persaingan pun diprediksi bakal berat. Sebab, berdasarkan data yang dihimpun dari BKPSDM Kota Pekanbaru hingga akhir pekan kemarin sudah tercatat 2.000 berkas lebih berkas pelamar yang masuk.

Angka ini dipastikan akan terus bertambah. Bahkan diperkirakaan akan mengalami kenaikan yang signikan di hari-hari terkahir jelang berakhirnya pendaftaran CPNS. Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Minggu (7/10/2018) mengungkapkan, dari ribuan pelamar tersebut, ada dua formasi yang banyak diminati.

Dua formasi yang menjadi favorit pelamar adalah formasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. "Iya, yang paling banyak dilamar itu untuk formasi guru dan tenaga kesehatan," katanya.

Namun dua formasi tersebut dianggap wajar banyak diminati oleh pelamar. Sebab dari jumlah kuota CPNS Pemko Pekanbaru yang dibuka tahun ini memang sebagian besar adalah untuk formasi guru dan tenaga kesehatan.

Dari 304 lowongan formasi CPNS, untuk fomasi tenaga pendidik atau guru, sebanyak 180 orang dan 90 orang untuk tenaga kesehatan. Sisanya, 30 orang lagi adalah untuk tenaga teknis dan 4 orang lagi jatahnya diiberikan untuk honorer K2.

Sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan yang mengalami masalah saat pendaftaran CPNS. Meskipun sebelumnya sejumlah pelamar sempat mengeluhkan lamanya akses untuk membuka website BKN tempat pendaftaran CPNS.

"Awal-awal kemarin memang banyak yang mengeluhkan susah masuk dan susah mengupload berkas persyaratan. Tapi beberapa hari terakhir ini kita tidak mendapatkan laporan lagi," ujarnya.

Maskur mengungkapkan persoalan yang banyak dikeluhkan pelamar adalah terkait lambatnya pelamar saat akan mengakses situs penerimaan. Namun persoalan ini memang dialami di hampir semua daerah di Indonesi. "Karena sebelum sampai ke Pemko data itu kan dikirim ke BKN dulu. Saat pengiriman ke BKN ini lah prosesnya yang agak lambat," ujarnya.

Karena berkas lamaran diterima secara online maka tidak ada kesemptan kepada pelamar untuk melengkapi berikasnya jika berka pendaftaran sudah dikirim. Sesuai ketentuan bila nanti telah diseleksi hanya akan ada lamaran yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada pelamar agar lebih teliti dan mengecek kembali sebelum mengirimkan berkasnya. Selain itu, pengiriman berkas lamaran dilakukan secara on line maka pelamar CPNS hanya bisa melamar pada satu instansi pemerintah saja.

Jika mereka mencoba memasukkan berkas admiunistrasi ke instansi lain dipastikan akan ditolak oleh sistem. Seperti diketahui, tahun ini Pemko Pekanbaru membuka lowongan 304 formasi CPNS.

Sebagian besar kuota CPNS tersebut adalah untuk fomasi tenaga pendidik atau guru, sebanyak 180 orang. Sedangkan sisanya 90 orang untuk tenaga kesehatan, 30 orang untuk tenaga teknik sedangkan 4 orang lagi jatahnya diberikan untuk honorer K2.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video