Kucurkan Rp2,67 Miliar, Akhirnya Street Sweeper Resmi Diluncurkan

Selasa, 22 Desember 2015

Ujicoba Street Sweeper di halaman kantor Walikota Pekanbaru

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengucurkan sebesar Rp2,67 miliar untuk mobil penyapu sampah atau Street Sweeper. Program yang digaungkan sejak tahun lalu ini akhirnya resmi diluncurkan, Selasa (22/12/2015).

"Kebersihan tentunya sukses bila kita semua punya niat untuk mendukung hal itu dengan diawali di lingkungan masyarakat. Sementara pemerintah, untuk membersihkan fasilitas umum, kita menggunakan teknologi agar upayanya berjalan efektif," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus MT kepada Wartawan.

Mengingat panjangnya ruas jalan protokol yang ada di kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru akan kembali membeli mobil penyapu jalan otomatis ini, namun Firdaus berharap pihak swasta bisa membantu pengadanannya melalui dana CSR.

Disinggung kapan akan difungsikan mobil baru ini, dia menyebut sudah bisa langsung bisa dioperasikan. Dia juga menyebut operator pabrikan sudah melakukan pembelajaran kepada operator DKP yang akan mengemudikan mobil penyapu sampah itu.

"Sudah 3 hari, proses belajar dari operator pabrikannnya ke operator kita. Malam nanti (selasa) sudah bisa difungsikan," tutupnya. (das)