Mahasiswa KKN-DR UIN SUSKA RIAU buat Apotek Hidup di Perkarangan Rumah Warga.

Mahasiswa KKN-DR UIN SUSKA RIAU buat Apotek Hidup di Perkarangan Rumah Warga.

 Pekanbaru-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan pembuatan apotek hidup di perkarangan rumah warga tepat nya RW 16 di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan  Kota Pekanbaru, Sabtu  (25/7/2020).

Ketua Koordinator kelompok  KKN-DR Uin Suska , Kornalis  kepada raiurealita mengatakan pelaksanaan kegiatan ini tentunya dengan harapan bahwa, apotek hidup di pekarangan rumah warga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu dengan  berkurangnya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

"Bentuk tanaman yang dibudidayakan dalam apotek hidup ini berupa tanaman obat-obatan seperti kunyit, jahe, jahe merah, sereh, dan kencur. kata kornalis.

Lanjutnya, manfaat dari apotek hidup perkarangan  dapat mengurangi interaksi sosial dalam masyarakat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Warga juga tidak perlu  belanja obat-obatan di luar rumah dikarenakan sudah tersedia di pekarangan rumah mereka, hal ini juga membantu berkurangnya penyebaran Covid-19”, ungkap Kornalis.

Rukun Warga (RW) 16,  sangat mendukung kegiatan mahasiswa tersebut dengan dibuatnya taman pekarangan di setiap rumah warga.

“Sebelumnya kami juga membuat kegiatan ini hanya saja tidak sesuai dengan yang diharapkan, dikarenakan kurangnya kepedulian warga terhadap pemanfaatan pekarangan rumah. Saya harap kepada adik-adik  mahasiswa KKN tidak hanya sekedar membuat, tetapi juga memberitahu warga bahwa apotek hidup perkarangan sangat besar manfaatnya,” tuturnya.

Pak Heri Budi Yono Salah satu warga RT 01 RW 16 Kelurahan Tuah Karya berpesan bahwa kegiatan positif ini harus terus digalakkan dan dilestarikan.

"Saya mewakili warga RT 01 RW 16 menunggu kreatifitas mahasiswa selanjutnya di tengah kondisi keterbatasan pandemi Corona. Tetap semangat dan jangan pernah bosan membantu masyarakat, karena upaya yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi,"pungkasnya.
 

 


Berita Lainnya

Index
Galeri