Komisi III DPRD Rohul Hearing Bersama 3 Dinas Bahas Anggaran Tahap 1 Covid-19

Komisi III DPRD Rohul Hearing Bersama 3 Dinas Bahas Anggaran Tahap 1 Covid-19

ROHUL - Dalam rangka penanganan penyebaran Covid 19 di Rokan Hulu, dari segi anggaran yang telah di persiapan dalam tahap pertama sebesar 12.6 Milyar Rupiah. 

Komisi III DPRD Rokan Hulu, Jumat (08/05/2020)  lakukan Hearing bersama Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, RSUD Rohul dan RS Awal Bros Ujung Batu serta Juru bicara Covid 19 Rokan Hulu. 

Dalam pelaksanaan Hearing, Ketua Komisi III Ali Imran Dari Fraksi Nasdem Di awal Rapat menanyakan terkait penggunaan anggaran senilai 12.6 Milyar Rupiah yang di pergunakan untuk penanganan Penyebaran Covid 19,  sudah sejauh manakah dipergunakan atau prosesnya seperti apa.

Kemudian apa-apa saja yang sudah di belanjakan atau di gunakan dengan Anggaran 12.6 Milyar Rupiah Tersebut. Dengan diketahuinya item-item pembelanjaan dari anggaran yang ada, maka dapat di pakai sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam rangka untuk persiapan  anggaran tahap selanjutnya untuk penanganan penyebaran Covid 19 ini kedepan nya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bambang  mengatakan bahwa Angaran yang 12.6 Milyar Rupiah tersebut sudah di pergunakan, hanya saja anggaran tahap pertama ini difokuskan untuk bidang kesehatan, dengan rincian  6 Milyar di belanjakan di Dinas Kesehatan, sementara 6,6 Milayar lagi di belanjakan untuk kebutuhan di  RSUD Rohul, kemudian  terkait dengan data rincian nya akan kita siapkan dan  serahkan pada hari ini ke DPRD, ujar Bambang.

Bambang melanjutkan "sebenarnya anggaran yang 12.6 Milyar tersebut merupakan pergeseran dana DAK dan DID yang ada di Dinas Kesehatan, makanya dana yang 12.6 Milyar itu separuh di Dinas Kesehatan dan separuhnya lagi di RSUD Rohul".

"Sedangkan Kegiatan yang sudah di pergunakan dari anggaran 12.6 Milyar ini meliputi pengadaan APD, peralatan  pendukung yang di butuhkan di setiap Posko, khususnya perbatasan dan penunjang lain  di  gugus tugas, sementara belanja di RSUD, antara lain Renovasi ruangan isolasi RSUD dan peralatan  lainnya"  ujarnya

Menyangkut dengan  honor petugas dan tenaga medis, sebenarnya sudah di atur pada tahap pertama akan tetapi angka besarannya masih kita sesuaikan dengan standar harga, dan akan di laksanakan  pencairannya  pada tahap ke dua" tambah Dr. Bambang

Ditempat yang sama Ketua DPRD Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra Juga meminta penjelasan kepada Dinas Sosial terkait adanya bantuan yang sudah di lelang dan bahkan sebagian sudah berjalan akan tetapi belum juga di distribusikan kepada masyarakat, karena  hal ini menjadi pertanyaan, yang jawabannya ditunggu oleh masyarakat. 

Menjawab hal tersebut,  Kadis Sosial Hj. Sri Mulyati membenarkan terkait Lelang yang dilakukan yakni sebanyak 1200 paket yang bertujuan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang disalurkan melalui Kaum Dhuafa, Tukang Becak serta Buruh Sebanyak 1200, yang tersebar di 16 Kecamatan Se Kabupaten Rokan Hulu. Realisasinya kita usahakan paling lambat seminggu sebelum lebaran.

Berkaitan dengan itu, Ketua DPRD Rohul meminta agar kiranya hal ini secepatnya dapat di Koordinasikan bersama Bupati, sebab permasalahan ini juga memiliki Kontrak yang harus ditanggung oleh pihak rekanan. "Tentu hal ini juga perlu di pertimbangankan agar rekanan tidak menunggu terlalu lama dalam proses nya" harap Wanda Dari Fraksi Gerindra ini.

Tampak Hadir dalam hearing ini, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Ketua Komisi III DPRD Ali Imran, Sekretaris Komisi III H. Mahmud dan Anggota Komisi III lainnya, Kadis Kesehatan Dr. Bambang Triono, Dirut RSUD Rohul Dr. Novil Raykel, Kadis Sosial Hj. Sri Mulyati, Kadis Kominfo Drs.Yusmar M.Si, serta Dirut RS. Awal Bros Ujung Batu Arfan Awaloeddin Mars.***(Ds)


Berita Lainnya

Index
Galeri