Ini Manfaat Minum Bir yang Jarang Diketahui

Rabu, 22 Januari 2020

Selama ini, terutama di Indonesia, bir selalu dipandang negatif. Namun, percaya atau tidak, beberapa peneliti justru menemukan manfaat bir yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Tentunya, jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Manny Alvares. Dia mengungkapkan bahwa bir ternyata memiliki sejumlah antioksidan alami dan vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit jantung,  bahkan membangun kembali otot.

Lebih lanjut, Dr. Alvarez menjelaskan, dengan minum bir, seseorang tidak perlu merasa khawatir akan terjadi dehidrasi, sebab bir sesungguhnya mengandung 93 persen air. Bahkan, menurut penelitian di Spanyol, bir benar-benar dapat memberikan hidrasi lebih baik dibandingkan dengan H2O.

Berdasarkan penelitian itu, bir hitam merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Menurut Dr. Alvarez, bir gelap cenderung memiliki antioksidan tinggi di antara jenis bir lain sehingga membantu memperbaiki kerusakan sel secara alami dalam tubuh. 

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture juga telah menemukan bahwa bir hitam memiliki kandungan besi yang lebih tinggi daripada bir ringan. Besi merupakan mineral esensial yang penting untuk tubuh dan mempunyai peran yang banyak, termasuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh kita. Salah satu bir hitam yang paling banyak diminati saat ini adalah Bir Hitam Guinness.

Sekilas Tentang Guinness

Guinness adalah bir asal Irlandia yang telah dikenal di seluruh dunia. Bir ini bahkan diseduh di berbagai negara dan dijual di lebih dari 150 negara. Arthur Guinness yang merupakan putra dari Richard dan Elizabeth Guinness yang lahir di Celbrigde, County Kildare, Irlandia pada tahun 1725 adalah sosok penting yang berdiri di belakangnya.

Guinness adalah bir jenis Irish Stout atau Dry stout. Berwarna gelap, dan memiliki rasa yang mirip seperti kopi. Guinness terbuat dari air, malt, barley, hops dan ragi ditambah panggangan Barley untuk memberikan tampilan warna gelap dan aroma khas. Bila dilihat lebih dekat, tampilan Guinness terlihat memiliki warna merah rubi gelap, bukan hitam.

Buih kental bir Guinness tercipta karena percampuran bir dengan nitrogen dalam proses penuangan. Sejak 1932, Guinness memiliki kantor pusat di London dan kemudian bergabung dengan perusahaan multinasional Diageo.***