Duh! Ada Hewan Tak Layak Kurban yang Dijual di Pekanbaru

Duh! Ada Hewan Tak Layak Kurban yang Dijual di Pekanbaru

PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru harus berhati-hati jika ingin membeli hewan kurban. Pasalnya, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru menemukan hewan kurban tidak layak diperjualbelikan. 

Distakan Kota Pekanbaru menemukan hewan kurban yang belum cukup umur. Tim dari dinas mengetahuinya saat melihat kondisi gigi hewan kurban yang belum ganti gigi.

Kepala Bidang Peternakan Distakan Kota Pekanbaru, Herlandria mengatakan, mereka mendapati sapi belum berumur dua tahun. Ada juga kambing yang masi berumur di bawah satu tahun.

Hewan ternak tersebut belum bisa dijual untuk jadi hewan kurban. "Kami tegaskan bahwa tidak boleh hewan di bawah umur untuk kurban," jelasnya.

Menurutnya, enam tim dari Distakan Kota Pekanbaru masih memeriksa kesehatan hewan kurban. Mereka menyasar para penjual hewan kurban musiman.

Mereka menilai hewan kurban dari luar kota menempuh perjalanan panjang untuk sampai ke Pekanbaru. Ia menyebut penjual harus menyiapkan kandang dan pakan yang cukup bagi hewan kurban.

Tim juga menyorot hewan kurban yang kurus. "Kita ingatkan agar penjual penuhi kebutuhan pakan hewan kurban yang dijual," terangnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri