Awas! Kalau Badan Terasa Gatal Terus, Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Hati

Awas! Kalau Badan Terasa Gatal Terus, Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Hati

Rasa gatal di tubuh memang wajar, tetapi jika rasa gatal tersebut muncul secara terus menerus dan menjalar ke seluruh tubuh, kamu harus waspada karena bisa saja ada gangguan pada organ hati Anda.

Hal ini dikarenakan adanya kadungan garam dalam empedu. Di mana empedu merupakan zat pencernaan yang diproduksi oleh hati.

Tetapi pada orang dengan sirosis billier primer (penyakit hati autoimun yang menyebabkan saluran empedu rusak), empedu tersebut justru dapat menumpuk dan menyebabkan gatal di sekujur tubuh.

Nah, rasa gatal tersebut juga disertai tanda-tanda lain yang muncul di tubuh kita. Kira-kira apa saja ya tanda-tandanya? Berikut beberapa tanda yaang muncul jika organ hati kamu bermasalah seperti yang telah diwartakan Intisari Online (15/6).

1. Mata menjadi kuning

Tanda ini merupakan tanda paling spesifik dari penyakit organ hati. Zat berwarna kuning yang disebut bilirubin biasanya dipecah oleh hati sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh.

Tetapi, saat hati sedang melawan dapat menyebabkan bilirubin menumpuk dan mengarah ke mata menjadi kuning.

2. Perut bengkak

Jika tiba-tiba perut membengkak dan tidak berhenti berarti ada penumpukan cairan di perut. Hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah di sekitar hati.

3. Lelah berkepanjangan

Kelelahan yang terus-menerus dan bahkan hampir selalu merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di tubuh Anda. Salah satunya, adalah sakit pada organ hati.

4. Bingung atau pelupa

Jika Anda tiba-tiba salah menaruh segalanya atau merasa mudah bingung, jangan berpikir ini tidak berbahaya. Ensefalopati hepatik merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi saat hati tidak mampu mengeluarkan racun dengan benar dari tubbuh dan biasanya terjadi pada penderita penyakit hati kronis, sirosis, dan hepatitis.


Berita Lainnya

Index
Galeri