Jangan Minum Air Putih Terlalu Banyak, Ini 5 Bahayanya!

Jangan Minum Air Putih Terlalu Banyak, Ini 5 Bahayanya!

Memang minum air putih baik untuk tubuh. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air putih banyak. Tetapi perlu diingat, banyak juga ada aturannya lho, yaitu minimal 8 gelas per hari.

Jika kamu terlalu banyak minum air putih akan mengakibatkan overhidrasi. Di mana kondisi tersebut justru berbahaya bagi tubuh manusia. Kira-kira apa saja ya bahayanya? Seperti yang telah diwartakan Guesehat.com (27/6).

1. Merusak Komposisi Darah

Setiap orang mempunyai plasma darah dengan kekentalan yang terukur. Jika terlalu banyak minum akan menganggu sistem peredaran darah dalam tubuhmu. Hal ini disebabkan darah terlalu encer.

2. Kinerja Jantung Terganggu

Volume air yang meningkat pada tubuh juga akan meningkatkan tekanan darah pada sistem pembuluh darah yanng tertutup yang dikontrol oleh jantung. Efeknya, akan menganggu sistem pembuluh darah dan berpengaruh pada fungsi jantung.

3. Ginjal Bekerja Esktra

Volume darah yang meningkat, maka cairan yang harus disaring oleh ginjal juga semakin banyak. Jika hal ini sering terjadi, maka glomerulus (penyaring darah di ginjal) bisa rusak yang akan berefek pada penyakit ginjal.

4. Kekurangan Kadar Natrium

Apabila kandungan air dalam tubuh berlebih, maka natrium menjadi encer yang mengakibatkan volume darah menurun. Eeknya, tekanan darah juga ikut menurun.

5. Ketidakseimbangan Elektrolit

Overhidrasi juga menyebabkan ketidakseimbangan eletrolit, dan hal tersebut ternyata berbahaya lho. Pasalnya, dapat mengakibatkan intoksikasi atau keracunan air yang efeknya bisa mual, sering buang air kecil, dan sistem pernapasan terganggu.


Berita Lainnya

Index
Galeri