Mulai Besok, 28.826 Siswa SMK di Riau Jalani USBN

Mulai Besok, 28.826 Siswa SMK di Riau Jalani USBN
Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Riau, Aidil.

PEKANBARU -  Sebanyak 28.826 siswa Sekolah Menengah Lejuruan (SMK) di Provinsi Riau akan menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara serentak mulai besok, Senin 11 Maret hingga 19 Maret 2019 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid)  SMK Disdik Riau Aidil mengatakan, dari 28.826 peserta yang mengikuti USBN, Pekanbaru merupakan jumlah peserta terbanyak mencapai 8.320 orang, disusul kabupaten Rokan Hulu dengan jumlah peserta 2.853 orang. Tempat ketiga peserta terbanyak diduduki Siak dengan jumlah peserta 2297 orang.

Berikutnya Indragiri Hulu ada 2230 peserta, Bengkalis ada 2125 peserta,  Dumai sebanyak 2110 peserta, Rokan Hilir 1972 peserta, Pelalawan ada 1662 peserta,  Kampar ada 1614 peserta,  Indragiri Hilir 1607 peserta,  Kuansing 1498 peserta dan Kepulauan Meranti merupakan peserta terkecil dengan jumlah peserta 538 orang.

Sedangkan jumlah sekolah yang melaksanakan USBN di Riau sebanyak 281 sekolah. USBN ini ada sekolah yang mengunakan komputer dan ada yang mengunakan kertas pensil. Soal ujian sekolah, 25 persen dari pusat dan 75 persen lagi dari daerah.

"Untuk USBN ini, soal tidak hanya dari daerah namun juga ada soal dari pusat sebesar 25 persen," kata Aidil, Ahad (10/3/2019) di Pekanbaru.

Aidil menjelaskan, untuk pelaksanaan USBN, siswa kelas X dan XI diliburkan. Menyangkut dengan pelaksanaan USBN, sistemnya sama dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dimana setiap ruang ujian diawasi oleh pengawas ujian.

"Ya, USBN sama ujiannya sama dengan UNBK. Kalau USBN, ada sekolah yang ujian dengan komputer dan ada juga sekolah ujiannya dengan kertas pensil," sebut Aidil.

Aidil berharap pelaksanaan USBN SMK di Riau berjalan aman dan lancar. Bagi peserta ujian harus tetap menjaga kesehatan hingga ujian berakhir. Sebab, selama Maret ini, siswa kelas XII dihadapi berbagai ujian, baik itu USBN dan UNBK. Sedangkan siswa kelas X dan XI yang libur harus tetap belajar di rumah, gunakan waktu libur untuk belajar. Ujian sekolah ini penting dalam penentuan kelulusan siswa.

Setelah USBN, siswa SMK akan melaksanakan UNBK tanggal 25 Maret mendatang. "Kalau UNBK, sekolah di Riau sudah 100 persen yang melaksanakan," kata Aidil.

Sementara Kepala SMKN 7 Pekanbaru Raimon mengatakan jumlah peserta USBN di SMKN 7 sebanyak 341orang dengan mengunakan komputer. Ruang ujian yang disiapkan sebanyak 3 ruangan. Ujian dibagi dalam dua sif yakni pagi dan siang. "Tahun ini kita kembali laksanakan USBN berbasis komputer," kata Raimon.


Berita Lainnya

Index
Galeri