Terasi Produk Unggulan Desa Baran Melintang Meranti, Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Sabtu, 09 Februari 2019 - 17:52:09 WIB

MERANTI - Sebagai Daerah yang terletak dipesisir daerah yang berada di Kabupaten Kepulauan Meranti, Desa Baran Melintang memiliki berbagai potensi alam yang dihasilkan dari laut.

Tidak hanya dinikmati begitu saja, masyarakat desa yang terletak di Kecamatan Pulau Merbau itu pun membuat olahan lain yang berbahan dasar dari hasil laut yang ada di Desa. Seperti halnya yang dikenal dengan sebutan Terasi, yang merupakan prdouk unggulan di Desa tersebut. 

Saat dikonfirmasi media Riaurealita.com, pada Sabtu (09/02/2019) sore, Kepala Desa (Kades) Baran Melintang Penti Kurniawan mengatakan masyarakat di Desa Baran Melintang membuat terasi dengan berbahan dasar udang pepai asli. 

"Produk terasi harus dikembangkan, agar untuk menambah pendapatan keluarga di Desa Baran Melintang," terangnya. 

Saat ini, terasi Baran yang dikemas oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Puteri Panglima Desa Baran Melintang pengolahannya masih dikerjakan secara manual

"Kita berharap kedepan  pengolahan terasi diolah secara modern dengan mesin giling dan open pengering terasi. Hal itu agar dapat menambah produksi terasi dan permintaan pasar," harapnya. 

Terkait pemasarannya, Dijelaskan Penti, Terasi di Desanya dipasarkan di Kota Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti serta Pasar berikutnya di wilayah Pekanbaru Provinsi Riau dan Kepri.

Dirinya juga tidak menampik, terasi yan ada di Desa Baran Melintang yang memproduksi mencapai puluhan ribu keping perbulan itu akan dipasarkan keseluruh Indonesia. (red/wp)