Pemkab Rohul dan Ribuan Masyarakat Deklarasi Pemilu 2019 Aman, Sejuk dan Kondusif

Pemkab Rohul dan Ribuan Masyarakat Deklarasi Pemilu 2019 Aman, Sejuk dan Kondusif

PASIRPENGARAIAN - Bupati Rokan Hulu H Sukiman menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Deklarasi Pemilu 2019 Aman, Sejuk dan Kondusif. Bertindak sebagai Perwira Apel AKP Hermawan Kapolsek Rambah, sedangkan ‎Komandan Apel Ipda Nanang Pujiono SH Paur Subbag Humas Polres Rohul. Deklarasi itu diikuti sekitar seribu orang dari berbagai elemen masyarakat yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Senin (10/9/2018) Pagi.

Dalam Deklarasi mendukung dan mensukseskan Pemilu Presiden dan Legislatif tahun 2019, yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Rokan Hulu, yang diprakarsai Polres Rohul dan melibatkan Kodim 0313/KPR, Forkopinda, KPU, Bawaslu, Pimpinan Parpol, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Mahasiswa, Pelajar, Ormas, dan LSM serta unsur masyarakat Kabupaten Rokan Hulu.

Selain Bupati Rohul, H. Sukiman, hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Rokan Hulu, AKBP M. Hasym Risahondua SIK M.Si beserta staf dan jajaran, Dandim 0313 / KPR Letkol Inf Benny Setiyanto, beserta Anggota TNI, Forkopimda Rohul, penyelenggara Pemilu, kepala dinas, badan dan kantor, Camat, Upika dan Mahasiswa, PMI ormas OKP, IPK, PP, KNPI dan awak media.

Dalam amanatnya, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Polres Rohul yang telah memprakarsai kegiatan dalam rangka mensukseskan kegiatan Deklarsi Pemilu 2019 Damai, Aman dan Sejuk, khususnya di kabupaten Rokan Hulu. Selain itu Bupati juga berharap agar Deklarasi ini juga dilaksanakan di seleluruh kecamatan yang ada di Rohul, karena deklarasi ini merupakan bentuk komitmen dalam mensukseskan Pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan datang.

Beberapa poin deklarasi yang dibacakan di antararanya menyatakan sikap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dengan mentaati semua Ketentuan Hukum, mengutamakan kepentingan umum dan menghormati hak azasi manusia, kemudian menyatakan siap memegang teguh dan etika, yang bersumber pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Sukiman menjelaskan, berdasarkan UUD 1945 Pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam mmenyelenggarakan pemerintahan negara, di samping itu pemilu adalah sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat, kepada segenap partai pendukung dan masyarakat Rohul khususnya.

"Saya mengimbau agar bersama sama kita ciptakan suasana yang Kondusif, Damai, Aman, dan Sejuk, jangan mudah terhasut oleh isu-isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan dan jangan menyebar hoax atau berita bohong," tegasnya.

Usai Apel Deklarasi Pemilu Damai 2019 Bupati Rohul membacakan teks deklarasi bersama seluruh peserta upacara  di antaranya, Forkopimda Rokan Hulu bersama seluruh elemen masyarakat yang ikut serta mendeklarasikan Pemilu damai dan aman menolak isu SARA dan hoaks di Kabupaten Rokan Hulu. Selanjutnya, dilaksanakan tanda tangan oleh Perwakilan peserta apel Deklarasi Pemilu 2019 Damai, Amam dan Sejiuk.

Masih di tempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP M. Hasym Risahondua SIK M.Si menyebutkan pihak Kopolisian khususnya Polres Rohul siap untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019 mendatang.

"Ini dalam bentuk menciptakan situasi aman dan kondusif,dengan deklarasi ini tentu kita mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat dan komponen yang ada agar mengerti dan tahu kemudian dijadikan sebagai bahan untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif di kabupaten Rokan Hulu," tegasnya.

Hasym menambahkan, Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa tiga pilar ini yang akan kita kedepankan untuk menciptakan situasi aman dan Kondusif. "Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik “Insya Allah Kabupaten Rokan Hulu ini Tetap Aman," imbuhnya.

"Apel Deklarasi Pemilu (Pileg dan Pilpres) 2019 Damai, aman dan sejuk sudah kita Laksanakan dan kita berharap kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan pemilihan dengan baik, jadilah seorang pemilih yang santun, menolak isu SARA dan hoaks apalagi yang mengandung fitnah,” tutupnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri