Peringatan! Seorang Pria Asyik Tiduran sambil Main Ponsel, Akibatnya Dia Lumpuh

Sabtu, 02 Desember 2017 | 23:47:36 WIB
ilustrasi

TIONGKOK - Seorang pria di Tiongkok lumpuh akibat sering berbaring sambil menggunakan ponselnya.

Wang (40) memang mengaku bahwa dirinya sering menggunakan ponselnya sambil berbaring di tempat tidur sampai larut malam.

Namun pekan lalu, saat Wang membuat mi di kedai bakminya, ia merasakan nyeri luar biasa di bagian leher dan mati rasa pada bagian kaki.

Ketika mendapat perawatan di rumah sakit, Wang dinyatakan lumpuh dari leher hingga hingga tubuh bagian bawahnya.

Menurut dokter, itu disebabkan oleh kebiasaan Wang yang selalu menunduk ketika bekerja, yaitu membuat mi di kedainya, dan ketika menggunakan ponselnya di malam hari.

"Otot-otot lehernya jadi sering menegang," jelas seorang dokter di Second People's Hospital Chengdu, He Rui.

He mengatakan, Wang menderita sindrom 'text neck', alias nyeri leher akibat penggunaan gawai secara berlebih, terutama ponsel.

Wang, yang baru menjalani operasi atas sindrom yang dialaminya, mengaku bahwa dirinya tak menyangka kebiasaannya menggunakan ponsel sambil berbaring berjam-jam dapat melumpuhkannya.

"Saya kelelahan sehabis bekerja, jadi saya berbaring di tempat tidur dan menggunakan ponsel saya sampai pukul 3.00. Saya sudah melakukannya selama berbulan-bulan," tutur Wang.

Setelah dioperasi, Rabu (29/11/2017), Wang baru merasa sedikit terbebaskan dari penyakitnya dan kini menanti untuk menjalani operasi kedua.

Qin Hui, seorang dokter di Second People's Hospital, mengatakan bahwa semakin banyak orang di Tiongkok yang mengalami sindrom serupa.

"Ketika Anda terlalu lama menundukkan kepala untuk melihat layar ponsel atau tablet, otot-otot leher Anda jadi menegang," kata Qin.

Sang dokter menyarankan agar pengguna ponsel sering memberi waktu jeda untuk beristirahat ketika menggunakan gawainya dalam jangka waktu lama.


Sumber: Tribunnews 

Terkini

Buka Pacu Jalur, Suhardiman Undang Wapres Hingga Mentri 

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:25:31 WIB

Perwira Polri Putra Kuansing peroleh Beasiswa S-3 Polri

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:27:22 WIB